10.4.10

Njeplak

Njeplak. Tidak ada artinya kalau kucari di KBBI. Tapi kata Ibu, njeplak itu artinya asal ngomong. Maksudku sebenarnya adalah straightforward. Namun lagi merasa batas antara njeplak dan straightforward itu sangat tipis. Huakhahahaha.. 

Ada dua ekstrim dalam pemberian pendapat atau komentar ala Mona Luthfina. Bicara atau tidak bicara sama sekali. Cuma ternyata, tidak semua orang mau dan mampu, sanggup dan rela untuk diperlakukan seperti itu. Sebenarnya, kalau tahu caranya sih straightforward tidak akan terasa sangat menyakitkan, atau paling tidak tidak bisa terasa menyakitkan. Tapi ya itu tadi.. tipis bener bedanya antara straightforward dan njeplak. Inilah yang sering terjadi padaku..

Mona: "Kenapa sih lo harus begini... bla.. bla.. bla..."
Teman: (buset, si Mona gak sopan, marah ah..)

atau

Mona: "Menurut gw mendingan kita begitu aja.. bla.. bla.. bla.."
Teman: (duh gak enak jadinya, ah gw diem aja..)

atau

Mona: "Kalau kata ini kan begini.. bla.. bla.. bla.."
Teman: (bla.. bla.. bla...)

Jadi tak habis pikir.. Kalau seperti ini kadang pilihan tidak bicara adalah pilihan yang lebih mudah. Sigh... Memang sih, seringkali, caraku untuk menjadi straightforward salah.. atau pemilihan kata yang kuambil tidak tepat. Akhirnya, njeplak-lah yang lebih sering terjadi. Aku akui seringkali kesalahanku di sini.. Sigh..

Satu lagi.. karena aku sangat straighforward, aku berusaha untuk menerima segala bentuk ke-straighforward-an semua orang terhadapku. Alhasil adalah semua kritik langsung masuk tak tersaring, kadangkala sampai pada satu titik dimana aku merasa tidak ada yang benar semua yang kulakukan.. Yeah, dikritik dan di-straightforward-kan itu memang tidak seenak yang kupikirkan. Huakhahahaha...

Jadi polanya begini...

Berniat untuk straightforward - jadinya malah njeplak - ada teman yang tersinggung atau marah atau kecewa - di-straightforward balik (kritik saran, takda pujian) - jadi merasa salah dan bodoh - rendah diri - kecewa sama diri sendiri - njeplak lagi.. Sigh.. lingkaran setan, tak berujung..

Tak adakah yang berminat untuk memberikan pendapat atau komentar positif padaku? 

*minta dipuji banget, untuk menaikkan harga diri dan kepercayaan diri.. Huakhahahaha.. murah bener... so desperate..

Ah, sudahlah... kadang tidak bicara adalah pilihan yang lebih baik (paling tidak lebih mudah.. ) dan menjadi seseorang yang straighforward itu butuh usaha keras dan banyak kebijaksanaan. Artinya, aku harus menjadi lebih bijaksana. Amiiinn..

~ Mona Luthfina

P.S. Postingan yang sangat desperate.. 

4 comments:

  1. coba baca buku dale carnegie mon.. hehe..
    i've been reading that book..

    ReplyDelete
  2. hihi,, kamu kenapa Mon Mon?? Aku tidak merasa kamu Njeplak. Mungkin kamu hanya terlalu jujur dan reaktif. Eh, apa itu sama aja ya?
    =p

    ReplyDelete
  3. @atiek: malas... huakhahaha..
    @eka: njeplak = jujur + reaktif. hehe..

    ReplyDelete
  4. biar njeplak tapi banyak yang kangen tuuuh mon :)
    (banyak yang bilang kangen ke mona di blogku)

    ReplyDelete