10.4.10

Itinerary: Jawa Timur - Bali - Lombok - Sumbawa

Sedikit informasi yang bisa dipakai kalau ada yang mau ke Jawa Timur, Bali, Lombok, dan atau Sumbawa (baru sampai Sumbawa Besar aja sih). Aku pergi ke daerah-daerah ini bareng Restu pertengahan Februari sampai awal Maret yang lalu. Itinerary ini untuk perjalanan kerja (sekalian jalan-jalan), list yang di bawah ini hanya salah satu pilihan dari banyak pilihan yang ada. Kebetulan aja pas kami ke sana, pake itinerary ini. Jadi, silakan diatur-atur sesuai dengan preferensi masing-masing..  

Jawa Timur
  1. Bandung - Surabaya pakai kereta api Turangga jam 19.00, tiketnya Rp 210.000,- per orangnya kalau lagi low season (kalo lebaran misalnya, pasti bisa ampe 300ribu).
  2. Sewa mobil di Fortune Rent Car, Xenia Rp 350.000,- per hari (sudah termasuk supir).
  3. Jember - Bali bisa naik Cipaganti Travel (di Jatim, Cipaganti udah ada di Surabaya, Malang, Jember. Antar ketiga kota itu dan menuju Bali dari ketiga kota itu bisa semua), Rp 135.000,- per orang. Perginya jam 19.00 WIB dijemput di tempat masing-masing, sampai Denpasar kira-kira jam 04.30 WITA. Biaya sudah termasuk snack, makan malam, dan penyeberangan.
  4. Di Surabaya menginap di Hotel Sulawesi Kertajaya, Rp 225.000,- per malam. Bersih, baru, murah. Lokasi di daerah Gubeng Kertajaya dan dekat dengan stasiun Gubeng.
  5. Di Malang menginap di Hotel Kartika Graha. Bintang 3 tapi udah lama. Rp 350.000,- per malam.
  6. Di Malang juga bisa menginap di Urgent Hotel. Sistem hotelnya itu mirip AirAsia. Bayar yang diperlukan. Basic rate-nya Rp 175.000,-, kalau butuh handuk tambah Rp 5.000,-, sarapan tambah Rp 15.000,- dsb sesuai kebutuhan. Lokasinya di sebelah Hotel Kartika Graha.
  7. Di Jember menginap di Hotel Sulawesi Jember. Segrup dengan Hotel Sulawesi Kertajaya, harga tidak jauh berbeda. Kamar juga bagus dan bersih.
  8. Makan, hmmm.. untuk Jawa Timur sangat mudah untuk makan. Hehehe.. 
Bali
  1. Sewa mobil, karena ada koneksi dari sepupu jadi bisa dapat harga Rp 280.000,- per 10 jam (termasuk supir, kalau dapat supirnya Mas Wayan, lebih seru lagi.. huakhahaha). Di Bali, sewa mobil biasanya per 10 atau 12 jam. Bisa juga sewa mobilnya aja (tanpa supir), kisaran harga tanpa supir sekitar Rp 150.000,-.
  2. Di Kuta, menginap di Paradiso Beach Inn. Rp 322.500,- per malam. Tapi kalau misalkan low season cari hotel murah di daerah Kuta dan Legian situ sih buanyaaakk.. seombyokan..
  3. Di Ubud, thanks to Mas Wayan (or shud I call Bli Wayan), kami bisa menginap di Teba House yang menyenangkan. Rp 250.000,- per malam untuk low season (sebenarnya masih bisa ditawar, tapi kita berdua udah malas untuk nawar. Hehehe..). Model guesthouse itu, kamarnya cuma 7, jadi sangat personal pelayanannya. Setiap pagi diajak ngobrol. Hehehe.. Tapi di Ubud banyak yang kayak gini kok.. :D
  4. Di Denpasar, menginap di Hotel Inna Denpasar, bintang 3 dan udah lama. Harganya mulai Rp 350.000,- ke atas.
  5. Makan, hmmmm.... Agak-agak tricky kalau mau cari makanan halal. Tapi di setiap kota ada kok.. minimal masakan padang :D
  6. Bali Safari & Marine Park, Rp 110.000,- per orang untuk WNI (ini harga weekdays, gak tau kalau harga weekend-nya berapa). Hewan-hewannya bahagia, worthed bangetlah bayar segitu sih.. Bisa ikut safari, lihat pertunjukan gajah, dsb, dsb. 
  7. Bali Bird Park & Bali Reptile Park. Rp 82.500,- per orang untuk WNI (ini juga harga weekdays, gak tau kalo weekend). Burung-burung banyak yang dilepas, lihat 4D Riley's Adventure, tiket terusan untuk lihat reptil (hiiiii...), menarik.
  8. Taman Ujung di Karangasem. Istana Raja Karangasem yang dibangun di atas kolam besar. Sangat bergaya Belanda. Bagus, keren, murah. Rp 5.000,- per orang kira-kira. Banyak spot foto ok.
  9. Tirta Gangga di Karangasem. Taman air raja. Unexpectedly beautiful. Hehehe.. Rp 5.000,- per orang. Sejuk dan indah.
  10. Garuda Wisnu Kencana. Rp 25.000,- per orang.
  11. Dreamland. Gratis. Cuma, not really recommended for Indonesian. Hahaha.. 
  12. Sewa motor keliling Ubud. Rp 30.000,- per motor, sesorean (2-3 jamlah kira-kira). 
  13. Cari oleh-oleh di Erlangga Denpasar aja. Fixed price, kualitas bagus, murah, beragam benda-bendanya. Ini kalo males nawar di Sukawati atau Pasar Ubud ya.. kalo emang doyan nawar sih, ya monggo.. hehe.. 
  14. Jalan-jalan di Ubud, gratis.
  15. Jalan-jalan di Kuta, juga gratis.
  16. Meet the local people, priceless. 
Lombok dan Sumbawa
  1. Di Senggigi, menginap di Hotel Mascott, Rp 350.000,- per malam. Pinggir pantai, dekat dengan keramaian dan cafe-cafe.
  2. Di Sumbawa Besar, menginap di Hotel Tambora, Rp 250.000, - per malam (kurang lebih). Tengah kota Sumbawa Besar.
  3. Sewa mobil Rp 450.000,- per hari (termasuk supir), bisa dapat yang lebih murah. Cari aja website-nya. Tidak terlalu merekomendasikan mobil yang kupakai ini, karena meheeelll.. 
  4. Di Sumbawa di sepanjang jalan bisa lihat sapi. :D
  5. Sewa boat ke tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air) Rp 450.000,- per boat yang bisa diisi sampai dengan 8-10 orang. Bisa juga sih kalo mau ke Gili Trawangan aja, naik pete-pete dari Bangsal, Rp 9.000,- per orang.
  6. Di tiga Gili itu berasa di luar negeri, isinya bule semua.. yang doyan diving atau sekedar snorkeling, monggo... :D
  7. Yang doyan ke gunung, Gunung Rinjani, gunung ketiga tertinggi di Indonesia menunggu di pulau Lombok. Asal jangan ketuker aja ama anaknya. Hehehe..
  8. Lombok itu indah karena alamnya, jadi monggo di-explore lebih jauh. 
  9. Tanjung Aan, breathtaking. Gratis.
Hmmmmm... apalagi ya.. kayaknya udah semua.. Restu, kalo ada yang mau ditambahin, langsung komen ajalah ya..

~ Mona Luthfina

5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. saya susah menemukan website untuk rental mobil di Sumbawa Besar, boleh dong kontak rental mobil yang 450rb itu di sumbawa besar.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete