28.4.09

Bukan Marah, tapi Berpendapat!!!

Entah karena faktor turunan, keluarga, lingkungan, atau apapun, membuatku terlahir dengan karakter yang cukup keras. Terlihat dari nada suara yang meninggi ketika berargumen atau menyampaikan sesuatu. Tanpa bermaksud untuk melukai siapapun, yang kulakukan adalah menyampaikan pendapat. Suaraku memang keras, namun tolong jangan disalahartikan menjadi marah. Karena aku tidak marah.

Gini ya bedanya Mona Marah (MM) dengan Mona berArgumen (MA). MA menggunakan nada suara tinggi dan terlihat kesal, keras kepala, blak-blakan, terlalu jujur, tapi siap berdebat dan siap menerima pendapat apapun (terlepas dari bagaimana aku menyampaikannya). Jika memang ternyata aku yang salah, silahkan debat, silahkan buat aku malu, silahkan dibales, ini cuma MA kok.. Bukan gajah lagi ngamuk. Hehehe... Jangan terlena dengan apa yang tampak ya..

Satu lagi, aku ini blak-blakan. Kalau ada sesuatu yang terasa tidak sesuai atau paling tidak membuat aku bertanya-tanya, pasti langsung terlihat. Tinggal aku memutuskan untuk menyampaikannya atau tidak. Dulu sih, pasti langsung aku keluarkan (reaktif), tapi sekarang aku sudah jauh lebih baik dalam memilih mana yang sebaiknya aku sampaikan dan mana yang sebaiknya tidak aku sampaikan. Percaya atau tidak, untuk orang seperti aku, ini butuh usaha yang cukup besar dan aku bangga bisa melakukan itu. Jadi kalau sempat ada kata-kata yang aku sampaikan menyinggung siapapun, mohon dimaafkan. Karena aku tidak pernah bermaksud untuk mencari musuh.

Aku memiliki need of affection yang tinggi. Jadi, tidak mungkin aku berniat atau terpikir untuk mencari musuh. Bisa disidang Bapak Ibu kalau aku bikin-bikin masalah. Tapi terkadang karakterku membuat sebagian orang tidak suka. Aku tidak akan minta maaf secara khusus untuk ini. Jadi ya mari kita saling menyesuaikan.

Itu tentang MA.. Mona yang berArgumen.

Bagaimana dengan MM? Mona Marah?

MM itu super duper menyeramkan (ya iyalah, MA-nya aja kayak gitu, apalagi MM-nya). Ketika MM muncul, filter yang aku jaga sekuat tenaga di hati dan otakku bisa hilang begitu saja. Semua perasaan benci, marah, kejam, sadis, sinis, bisa muncul jadi satu. Perkataanku bisa menjadi sangat kejam dan gak lihat-lihat situasi. Ini yang terjadi. DULU. Ciri-cirinya MM adalah diam dan si subjek yang dirasa oleh MM membuatnya marah akan dicuekin setengah mati.

Tapi tenang saja.. Jika ada yang berhadapan atau berurusan dengan MM, diemin lagi aja. MM itu cuma bertahan beberapa jam saja. MM diam karena MM berpikir. Pada akhirnya MM akan menyadari apapun itu, terlepas siapapun yang salah, bahwa kemarahan tidak akan menyelesaikan apapun. Jadi MM Mode ON menjadi MM Mode OFF. MM turun level jadi MA. Mona siap berbicara.

Lalu, kebiasaannya MM adalah.. menangis. Ini kalau masalahnya udah bikin marahnya ampe masya Allah gak tau deh ampe mana. Biasanya MM akan menangis saking marahnya. Tapi MM itu gampang sekali kembali baik. Karena sekali lagi, Mona pada dasarnya adalah orang yang tidak bisa marah lama-lama. Ini mungkin salah satu hal yang bikin semua keluarga dan teman-temanku bertahan meledek, mencela, dan menghinaku. Huakhahahaha...

I am a person with a big heart. I do realize that. Jadi, kalau ada yang merasa bahwa seorang Mona melakukan kesalahan atau harus ditampar (literally or not) langsung saja.. Buatlah Mona berargumen, buatlah dia menangis, buatlah dia kesal.. Daripada dipendem, malah jadi sakit jiwa. Ya gak...

Eh, tapi bilang dulu ya..

Misal..

"Mona, gw mau marah sama lo!!!"

Nah.. baru deh.. hehehe..

Sip ah.. So please.. jangan sekali lagi bilang "Ya udah, gak usah pake marah dong." ketika aku menyampaikan sesuatu dengan nada tinggi. Karena aku tidaklah marah, aku cuma berargumen. Entah kenapa, kalimat "Ya udah, gak usah pake marah dong." itu membuat selera berargumenku langsung luntur dan menjadi malas. Trus jadi kesel beneran.. Huakhahaha..

Sip ah..

~ Mona Luthfina

8 comments:

  1. ya deh mona... sebenernya gw sih gak akan nyadar lo lagi MM apa MA... hihihihi maap loh... tapi kalo pas gw lagi RM mungkin kita gak akan saling ngomong lagi...hahaha... :P

    ReplyDelete
  2. hoo ini toh pnjelasan dibalik status YM hari ini, baru baca aku moon..

    ReplyDelete
  3. "Ya udah, gak usah pake marah dong."...bener2 nih kata2 emg super ngeganggu..dian juga pernah ngalamin nih mon.Lah org gak marah kok..cuma lg jelasin sesuatu..Langsung males bawaannya klo digituin.Kadang org emg susah bedain ya mana yg marah mana yg enggak...phiuuuuhhhh..

    ReplyDelete
  4. ya jelas gw yang bilang kalimat sakti :
    "ya gak usah pake marah dong"
    well, gw kadang gak tahan juga loh mon kalo lo MA mulu,, sumpil gw gak bisa bedain.

    mnrt gw bagus juga ya kalo lo lagi MA, bilang :
    "i'm not mad, i'm arguing"

    kalo diem aja tetep aja gak ada yg tau (terutama gw yg sama kerasnya), lalu gw akan kembali pada persepsi pertama "Mona marah" bukan persepsi kedua "Mona MA".

    u've read my dilemma too, rite?
    bagus juga kita konflik hari ini, berarti komunikasi jalan bos..

    mari ke zona tidak nyaman berikutnya.. semangat!

    ReplyDelete
  5. setuju banget gw mon... gue juga sering kelepasan meninggi nada suaranya kalau lagi berdebat, ya kesel dikit sih, tapi insyaAllah kepala gue tetep dingin... memang gue terbiasa seperti itu orangnya entahlah itu kebiasaan buruk ato bukan, gue juga lagi berusaha ngurangin karena ga semua orang bisa nerima itu... :)

    kalo yg ngomong "yaudah gausah pake marah donk" diemin aja deh, ga punya selera argumen tu orang... hehehe... piss ah!

    ReplyDelete
  6. kalo mona lagi marah diemin ajah..
    biarin dia yang mulai ngomong duluan. ya ga??
    hehhe..
    emang mona kenapa ssssssiiihhh??

    ReplyDelete
  7. maaf mba melur kalo ikutan tersinggung..

    ReplyDelete
  8. @anonymous a.k.a restu:
    hayah.. kita kan yang paling sering berantem (baca: berargumen) di kantor.. trus sama2 meninggi nada suaranya udah disangka mau perang beneran..

    @dian:
    hidup itu penuh dengan kompromi. dibawa nyantai aja kali ya..

    @melur:
    huakhahahaha.... benar.. tidak semua orang bisa menerima hal itu..

    @nda:
    iya, diemin aja..
    aku gak lagi knapa2 kok nda..

    @atiek:
    tiek... melur kayaknya gak tersinggung kok, cuma berargumen.. hehe..

    ReplyDelete