25.5.14

Aso Kusuma

Sudah berbulan-bulan saya menunda untuk menghubungi beliau. Selalu ada alasan yang muncul ketika saya berniat untuk menengok, menelepon, atau sekedar mengirim pesan. Sampai kemarin sore saya dihubungi oleh teman saya, Edwin. Dikabari bahwa beliau sudah pergi.

Selepas kabar itu rasa penyesalan, kehilangan, dan sedih luar biasa muncul seketika. Hati saya tak sanggup menampung semua emosi yang muncul bersamaan membuat tangis tak tertahankan.

Begitu banyak emosi terasa, namun tak muncul satu kata pun yang mampu menggambarkan apa yang saya rasa ketika itu (dan bahkan sampai saat ini menulis).

Dalam hidup saya, beliau merupakan bagian besar. Terutama ketika kami kuliah. Beliau selalu memastikan kami tidak lapar dengan memberi kami 'happy hour' atau makan gratis. Sepertinya beliau memperhatikan kegilaan kami melewati hari saat kuliah. Tak cuma makan gratis. Beliau mendengarkan semua keluh kesah kami, mulai dari tentang gosip sampai tentang pacar. Boleh dibilang, beliau tahu semua cerita tentang anak-anaknya di kampus, kami, para mahasiswanya. Beliau adalah dosen yang dekat dengan mahasiswanya. Di kampus, di himpunan, di lab, beliau dihormati dan disayangi. Banyak keluh kesah semasa kuliah, bahkan setelah kerja pun, saya ceritakan pada beliau.

Sepanjang kami mengenal beliau, memang sudah sering bolak-balik rumah sakit. Saya tahu pada akhirnya hari itu akan muncul. Dimana beliau dipanggil oleh-Nya. Toh memang kematian adalah sesuatu yang pasti. Namun, ketika kepastian itu datang, tak kuasa rasa kehilangan yang begitu besar muncul diiringi penyesalan yang tak kunjung padam.

Saat ini, yang bisa saya lakukan adalah berdoa dan mengucap kata perpisahan.

Source: Andri Madian, TI 2003

Selamat jalan, dosen kesayangan kami, guru yang kami hormati, dan ayah kami di kampus, Bapak Aso Kusuma. Beliau adalah orang baik. Terima kasih atas semua didikan dan makna hidup yang telah Bapak ajarkan. Sampai jumpa di dunia sana. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah dan semoga Bu Wiwik (istri beliau) dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran. Amiin.


Salam, 

Mona Luthfina

P.S. Pak Aso Kusuma meninggal dunia karena serangan jantung di RS Boromeius Bandung pada tanggal 24 Mei 2014 pukul 16.15 WIB, di usia beliau yang ke-63 tahun. 

6 comments:

  1. Mon, saya tersentuh dengan tulisan ini. Semoga guru kita akan selalu hidup dalam sanubari.

    ReplyDelete
  2. Kak Mona, saya juga merasa kehilangan sekali.
    Dosen yang dekat di hati dan membuat anak-anaknya terayomi.

    ReplyDelete
  3. Mona gw ikutan nangis.. Sama banget gw juga udah dalam hati ngrencanain nengok Pak Aso tapi gak pernah kesampaian sampe akhirnya beliau wafat. Penyesalan banget buat gw.. Semoga beliau tau bahwa dia selalu ada dalam hati dan memori kita.. semoga amal jariah beliau melapangkan kuburnya dan meringankan langkahnya ke surga.. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Nadia ChiarinaMay 26, 2014 5:04 PM

    We are blessed to have known such a great person.

    ReplyDelete
  5. Selamat jalan pak Aso. You will be missed.

    ReplyDelete