8.5.10

It don't* have to change...


Oh do you remember
When the family was everything?


Minggu ini, banyak hal yang membuatku teringat masa kuliah.. Mungkin karena sedang mendapatkan banyak pendapat tentang diriku.. Mona itu seperti ini, Mona ini seperti itu... Mona itu jangan begini, Mona ini jangan begitu.. Ternyata, aku berubah.. dan ternyata, aku berbeda antara di kantor dan luar kantor.. dan aku baru sadar.. hahahaha.

Membuatku sadar, bahwa aku hampir lupa seperti apa aku dulu.. seperti apa Mona yang sebenarnya..

..dan teringat anak-anak TI 2003.. Mungkin, karena sebagian besar dari merekalah yang mengetahui aku yang sebenarnya.. atau mungkin karena mereka telah melihatku di karakterku yang terburuk.. atau mungkin karena merekalah aku bisa se-straightforward ini.. atau mungkin karena mereka aku merasa bisa menjadi apapun..

Kuyakin, banyak dari mereka pun yang merasa tahun-tahun kuliah adalah salah satu masa yang berpengaruh dalam hidup mereka.. wajar jika teman kuliah mungkin adalah yang paling dekat dan mungkin pula paling mengetahui kita apa adanya..

Terlalu banyak kemungkinan, tapi kemungkinan-kemungkinan ini mungkin sebenarnya adalah nyata (walau tetap pakai kata "mungkin" hahaha)...

Oh do you remember?
It was so long ago and so much has changed


Minggu ini, banyak merasa dan menyadari bahwa teman-temanku yang dulu kuliah bersama, bermain bersama, menghadapi masalah yang sama, saat ini sedang mengejar mimpinya masing-masing.. Mereka hebat dengan caranya masing-masing...

Dua tahun sudah tanpa terasa kami (TI 2003) lulus dari kampus gajah... Lulus dengan gajah besar di kepala, dengan hati yang luas, bersemangat menghadapi hari baru di dunia nyata..

Kini, kulihat mereka berjuang di dunia nyata.. ada yang berhasil, ada yang bimbang, ada yang tidak betah, ada yang bahagia, ada pula yang mengeluh... Mereka menjalani hidupnya masing-masing... Jalan kami tidak lagi sama..

Tapi kutemukan banyak dari mereka yang menjadi orang hebat.. seperti membuktikan pernyataanku dan sang Bapak Angkatan, Sandi, "30 tahun lagi, teman-teman kita adalah orang hebat. Lihat kiri kanan, mereka adalah calon-calon orang hebat.."

..dan mereka memang hebat.. di sana sini kutemukan salah satu dari mereka, berjuang meraih mimpi.. merangkak, bekerja keras, penuh kendala, tapi tak mudah menyerah... Mereka membakar kapalnya masing-masing.. Maju tak gentar.. memulai mimpi...

I wanna go back
Wanna go back to those simple days


Saat ini aku mengenang hari-hari itu, dimana dunia masih nampak mudah bagi kami.. beban kami hanya tugas kuliah yang menumpuk atau ujian yang menunggu...

Inginkahku kembali ke masa itu? Ngangenin, tapi tidak.. masa itu takkan bisa terulang.. jika bisa pun, jelas tidak akan pernah sama..

I wanna go back
But now we've grown and gone our separate ways


Kami berkembang bersama, belajar menjadi dewasa bersama.. Sifat terbaik dan terburuk ditampilkan pada saat itu.. dan kami bertahan bersama.. Walau pada akhirnya kami harus mengambil jalan masing-masing..

Times is hard
And things are a changin'
I pray to God
That we can remain the same


Dunia nyata menuntut kami beradaptasi... gajah di kepala harus dikecilkan, hati harus semakin diluaskan.. kami berubah sesuai dengan lingkungan kami masing-masing... membuat kami terlena dengan dunia nyata.. terlupa akan mimpi-mimpi yang kami dulu tuliskan (ada yang tahu dimana resolusi yang kita tulis di basecamp berada, wahai teman-temanku?)...

Namun, pada akhirnya, teman-temanku ini banyak yang mendapatkan momennya dan teringat apa mimpinya.. mereka kembali ke jalan yang mereka ingin tempuh dulu.. dengan semangat yang baru..

Dunia nyata terus berubah dan menuntut kami untuk mengikuti perubahan itu.. Semoga kami tetap bisa menemukan jalan kami... untuk mencapai tujuan masing-masing, serumit apapun jalan yang harus ditempuh..

All I'm trying to say is our love don't have to change
No it don't have to change


Mimpi kami boleh berbeda, jalan kami boleh terpisah... tapi masa-masa kuliah dulu adalah salah satu masa terbaik... yang akan selalu menjadi pengingat.. seperti apa diri kami sebenarnya.. hati kami akan selalu bersama.. dimanapun kami berada.. saling mendukung tanpa suara, saling mendoakan tanpa berkata, selalu berusaha ada walau tak bisa ada..

Karena kami tahu, teman di sebelah kanan dan kiri kami ini, suatu saat nanti akan menjadi orang hebat di jalannya masing-masing.. amiin..

~ Mona Luthfina

P.S. Postingan ini didedikasikan untuk:
  1. TI ITB angkatan 2003 yang berwarna. Selamat ulang tahun angkatanku.. maaf terlambat seminggu postingannya.. hahaha.. (memperingati ulang tahun TI 2003 tanggal 1 Mei)
  2. Semua sahabat, teman (tidak hanya TI 2003) yang dengan berani berjuang (atau yang baru akan mulai) mengejar mimpi masing-masing dimana pun kalian berada.. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menghadapi apapun yang menghalangi kita mengejar mimpi kita.. 
  3. Siapapun yang hidup di saat ini.. mengejar tujuan-tujuan pendek, menikmati hidup setiap detiknya.. berbahagia dan mensyukuri setiap berkah yang didapat..
  4. (jika ada) yang sedang terjebak di masa lalu, muak dengan masa kini, rindu dengan masa lalu, ingin beralih tapi tak kuasa.. semoga tidak berlama-lama dalam masa lalu.. lihat ke depan dan jalani satu-satu, insya Allah semua dapat dilewati..
  5. Teman-temanku yang sudah memberikan pendapat mereka tentangku minggu-minggu ini.. 
P.P.S.
  1. Lirik di atas adalah dari lagunya John Legend (ft. The Stephens Family) yang berjudul It don't (*yupe, judulnya beneran begini..) Have to Change.. aku tau lagu ini dari video untuk Christina Maya TI 2004 yang dipost Edward Mulianto (TI 2004) di Facebook.. yupe, lagu ini memang sangat mengingatkan pada angkatan..
  2. Postingan yang melow sekali... but it's a good melow, I hope.. hahahaha...

9 comments:

  1. smoga kita semua jadi orang yang hebat dan bahagia di jalannya masing-masing..

    ReplyDelete
  2. Yeaaahhhh,,postingan ini mewakili perasaanku. Setiap orang dari kita skrg jadi lebih dewasa dan mulai tau kemana harus ;melangkah,,ternyata dunia yang dihadapi tidak semudah yg dibayangkan saat kuliah (jelaaas lah ya..)
    Waktu yang akan menentukan,,apa yang kita perjuangkan hari ini akan berbuah manis di masa yang akan datang..
    satu lagi,,thanks to semua sahabat yang aku dapatkan dari masa kuliah..dimana aku bisa jadi diri sendiri. tempat bercermin dan memotivasi..
    Selamat mengejar mimpi semuanya..;)

    @nda: amiiin,,amiinn..!

    ReplyDelete
  3. a nice thoughtful after tough meeting Monski.. aka GaneMom.. :D

    ReplyDelete
  4. @nda: amiinn

    @nance: sama2 nance..

    @a journey: hmm... memanggilku GaneMom.. pasti anak 2003.. siapa dirimu? hehehe..

    ReplyDelete
  5. jelas banget itu Jaka.
    Ganemon masai? itu baru sebutan dari aku. heuheu

    ini hasil chatting salah satunya sama aku yah? ;)

    ReplyDelete
  6. @diah: aku juga mikir jaka, di.. cuma dia itu udah komen di FB..

    iya.. salah satunya dari chattingan kamu.. dari banyak hal sih.. hehehehe..

    ReplyDelete
  7. Waw mona...even sometimes...i had dreams of me sitting in the class room...or hanging around with all you guys...i do miss u all!!!
    Gw gak deket ama beberap org...even..gw nyebelin kadang..maafkan yah!
    tau gak..kehidupan pasca kampus...memang keras euy...haha...
    berangsur-angsur tiap kali kumpul dengan teman-teman..berasa aja gitu...org2 makin 'kalem'.....haha...semangat kawan!!!!

    ReplyDelete
  8. @anto: yupe.. masa kuliah ternyata berkesan segitunya.. dan berasanya justru setelah sekarang.. haha.. semangat juga, nto!!

    ReplyDelete
  9. Baca postingan Mona d taksi pulang menuju kost setelah meeting seharian dan tiba2 ngebayangin masa2 kuliah .. Miss those days so much .. :):)

    Bener banget kita saat ini mulai menempuh jalan yg beda 1 sama lain meraih mimpi masing-masing .. Dan salut banget sama temen-temen yg udh mulai meraih mimpinya sedikit demi sedikit ..

    Kenangan dan cerita teman-teman menjadi salah dua hal yg memacu g sendiri utk terus berjuang mencapai mimpi g sendiri .. Thanks to TI2003 :) semoga kita mencapai mimpi kita masing-masing dan ga lupa siapa kita sebenernya saat sudah mencapai mimpi itu .. :)

    ReplyDelete