31.5.09

Big Blue

The Magnificent Blue Whale (Balaenoptera Musculus)

Menghabiskan Minggu malam dengan menonton Big Blue di Nat Geo Channel. Ugh. Very big and very blue. Magnificent animal.

Serial dokumenter tentang sekumpulan peneliti paus biru (Balaenoptera Musculus) yang ingin membuktikan, apakah paus biru dari lautan Pasifik Timur melahirkan di perairan kubah Costa Rica. Ternyata, iya..

Pas ngeliat ada dua semburan (yang satu besar, yang satu lagi kecil) dan tahu kalau ada bayi paus biru di situ. Hwuaaaa... breathtaking..

Hewan terbesar di dunia. Beratnya bisa sampai 200 TON!! Sehari bisa makan 4 ton udang. Panjangnya bisa sampai 30 meter. Bayinya pas lahir panjangnya udah 8 meter. Setiap hari beratnya nambah 100 kg. Berumur panjang (80-90 tahun). Sebesar ini, tetep aja ada yang mangsa (memang ya, rantai makanan itu selalu ada). Penyebab matinya paus biru kurang lebih karena 3 hal: dimangsa oleh hiu atau paus pembunuh, karena tua, atau karena ketabrak kapal besar. Hmmm..

Sekarang paus biru termasuk ke dalam daftar merah fauna yang dilindungi (endangered).

Kata naratornya, "Untuk melindungi kelangsungan hidup paus biru, kita harus menjaga kondisi lautan kita. Demi si bayi paus, dan demi kita juga."

The big blue, Blue Whale.

~ Mona Luthfina yang lagi seneng nonton Nat Geo Channel dan kagum berat sama ilmu pengetahuan dan teknologi. Allah memang Maha Besar, teman.

2 comments:

  1. ga ada TV kabel..:(
    aku ngikutin ulasan di blogmu aja ah,,hihiy..=D

    ReplyDelete
  2. hwheehehe bagus2 keep watching Nat Geo Channel yah! kadang2 gue wondering, kapan yah Indonesia bisa bikin film non-fiksi yang hebatnya sampe kayak gitu? abs daripada sinetron2 yang gak mendidik itu...

    ReplyDelete