12.8.08

Ada yang Nikah!!

Di pondok tempat aku ngaji saat ini [tepat sekali, saat ini..dimana aku sedang mengetik postingan ini] sedang dilangsungkan resepsi pernikahan. Siapanya aku juga gak kenal. Hehehe.. Tapi acaranya itu diadain di pondok. Benar-benar di taman pondok, dengan Ibu Nyai sebagai koordinator semuanya... Eniwei, ada satu hal yang aku sadari dalam acara ini..

Resepsi pernikahan [bukan prosesi akadnya loh ya] itu kan biasanya cuma sekitar 2-3 jaman. Terus dalam acara itu ada orang-orang yang posisinya adalah sebagai pendukung acara seperti domas [pagar ayu], penerima tamu, among tamu, dsb. Biasanya mereka itu berseragam. Nah, aku di sini cuma mau membahas para panitia wanitanya aja ya...

Mereka [among tamu, pagar ayu, penerima tamu] memakai baju yang sama, biasanya kebaya yang gak nyaman dipakai, kembaran, dengan warna yang kadang suka bikin mengernyitkan dahi. Hehehe.. Dari pagi [abis Shubuh] udah mandi, wangi, antri dandan. Ini kalo acaranya siang, kalo acaranya malam biasanya udah siap dari Ashar. Setelah selesai dandan udah siap standby walaupun acaranya baru dimulai sejaman lagi. Padahal dengan full make-up tidak memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal yang diinginkan [misal, makan dengan heboh, ke kamar mandi, atau lari-lari] bahkan menoleh pun sulit. Ditambah, buat yang gak biasa pake make-up, pasti udah ngerasa gerah sejak make-up itu dipulas di muka. Bawaannya pengen ngapus muka atau sebentar-sebentar lihat cermin, "Duh, make-upnya masih bertahan gak ya.." dan ini demi waktu 2-3 jam saja yang bahkan para tamu pun datang tujuannya bukan untuk melihat mereka, ya buat ngelihat pengantenlah...

Jadi, siap berjam-jam sebelumnya, capek antri, dandan lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki, tapi bukan untuk diselamatin tamu, cuma jadi pajangan, biar matching semuanya.. Udah gak bisa ngerasa spesial dan cantik sendiri, soalnya seragaman.. Jadi pasti ada beberapa orang yang seragamnya sama, bahkan pola make-upnya sama soalnya yang ngedandanin sama. Huakhahaha... Aku nulis gini berdasarkan pengalaman loh.. Setelah sekian kali menjadi penerima tamu.. Ya Allah.. kapan aku naik derajat jadi pengantinnya ya? Hehehe..

But anyway, setiap hal selalu ada dua sisi kan.. Walaupun keliatannya melelahkan [emang sih, bukan keliatannya aja] tapi minimal, ada rasa senang karena bisa bikin si penganten merasa bagai Raja dan Ratu sehari. Apalagi kalo pengantinnya itu saudara atau sahabat sendiri. Jadi pajangan beberapa jam? Gak papa deh.. Hehehe..

Oia, buat para pria yang datang ke acara nikahan saudaramu atau temanmu dan melihat saudara atau temanmu menjadi salah satu pendukung acara itu, sapalah, dan katakan "Wah, kamu cantik hari ini..!!" dengan begitu minimal dapat mengurangi keresahannya akan seragam dan make-upnya yang membuatnya risih karena tak biasa pakai. Hehehe..

2 comments:

  1. makanya itu mon, cecewe jaman skarang udah ga kalah hebat mikirnya, maunya seragam dalam bentuk kain, bukan kebaya jadi. Supaya bisa masing2 kreasi sendiri, bikin heboh sendiri, supaya ga sama dgn yang lainnya (ntah kemben nya warna beda, modelnya dibikin heboh, kain bawahnya unik), bahkan smp maunya dandan sendiri2 biar ga jadi manekin seragam pake sanggulan ala mba2 perias pengantin yang asal templok dengan hasil make up ala mau ngelenong (jadinya skr pada ke salon dengan make up minimalis tapi oke, tatanan rambut ala selebritis)

    ahahahhaa...nyampah ya???

    ReplyDelete