4.3.08

Balada Anak Sulung

Setiap pagi, di rumah selalu dipenuhi dengan teriakan:

"Monaaaaa..... Banguuunn!!! Ayo sarapan!!!"

Dan tidak pernah dari setiap teriakan di pagi hari yang berbunyi:

"Nailaaaa..... Banguuunn!!! Ayo sarapan!!!"

Soalnya gak akan mempan.. Hehehe.. Si Adek emang anggota keluarga yang paling gak bisa dibangunin.. Jadi, percuma juga.. Teriakan ini diteriakkan oleh Bapak dan Ibu bergantian setiap hari, setiap pagi, gak pernah bosen. Sebenernya teriakan ini sering sekali diteriakkan. Maksudnya, aku sering banget dipanggil. Terutama sekarang, setelah statusku berubah menjadi pengangguran, Ibu dan Bapak tidak saja memanfaatkan aku dengan optimal tapi juga sangat maksimal. Hayah.. apaan sih.. Sebenarnya tidak hanya sekarang, tapi dari dulu.. Perlakuan Ibu dan Bapak terhadap aku dan Adek memang sangat berbeda. Mungkin karena sulung dan bungsunya..

Mona mengeluh lagi nih ya?

Enggak.. sama sekali tidak. Dulu sih iya, aku bertanya-tanya dan merasa diperlakukan secara tidak adil. Tapi sekarang, justru setelah pengangguranlah aku jadi mengerti semua ketidakadilan yang aku rasakan dulu ternyata merupakan tempaan dan pelajaran yang sangat berarti buatku. Juga sangat berguna. Ibu Bapak ingin memastikan aku menjadi orang yang bertanggung jawab, bisa menghadapi semua masalah, mengambil keputusan sendiri, dan kelak bisa hidup mandiri. Aku baru ngerti kenapa setiap aku pulang malam Ibu Bapak selalu menelepon dengan galaknya. Aku baru ngerti kenapa Ibu selalu nyuruh aku terlebih dahulu dalam urusan rumah tangga. Saat ini aku baru mengerti kenapa perlakuan Ibu dan Bapak terhadap kami berbeda, dan aku bersyukur aku terlahir sebagai anak sulung..

Walaupun masih banyak hal yang membuatku bertanya, "Kenapa sih harus gw?". Tapi pada akhirnya aku meyakinkan diriku sendiri bahwa, "Saat ini mungkin kamu gakkan ngerti kenapa, tapi suatu saat nanti kamu pasti akan mensyukurinya." Yah.. begitulah..

2 comments:

  1. mon, aku jg sering bgt ngerasa gt..tp konteksnya aku perempuan dan kakakku laki2..huhuhu..

    aku yang terlahir sangat aktif melebihi kakakku ini sering skali merasa terganjal dengan aturan2 konvensional "seorang anak perempuan"

    btw, mau dong editin blog akuuuuuuuuu...ko yang kamu jadi keren banget gini..(hehe sirik gt nadanya)

    ReplyDelete
  2. hai Mona :)

    baca tulisan kamu ini saya cengar cengir sendiri... karena bener kata kamu. pertanyaan 'why me' itu emang gak enak.

    tapi lebih gak enak lagi kalo jadi anak tunggal lho.

    'why me' saya gak bisa digantiin dengan 'boleh gak sesekali adikku aja atau kakakku aja?' karena yaaa mau siapa lagi?

    jadi, memang mesti bersyukur punya saudara kandung. karena, kerasanya nanti kalo udah rada tuaan. enak gitu ada yang 'disandari' selain orang tua kalo lagi butuh. percaya deh, saya suka iri sama temen-temen saya yang punya kakak-adik :)

    blognya bagus banget. simpel dan gak neko-neko. ngeblog terus ya mona :)

    ReplyDelete