26.2.08

Naik Angkot K'liling Kota Ku Duduk di Belakang

Hari ini pergi ke rumah Baleendah. Nah, dari sana dianter pak Deni ke ujung Buah Batu supaya bisa naek angkot ke kampus (soon to be my ex campus..haha).


Yang seru naek angkotnya... dari zaman SD, aku udah dilepas (kayak ayam aja, dilepas) ama Ibu dan Bapak buat ke sekolah sendiri naek angkot. Naek angkotnya lumayan jauh, dari daerah Sukajadi (deket PVJ) ke daerah Kebon Kalapa. Setiap hari. 9 tahun.. (soalnya SMP juga daerah situ.. hehehe). Nikmatnya naek angkot, terutama yang perjalanan jauh gitu, adalah bisa merhatiin apa aja yang terjadi di sepanjang jalan yang kita lalui. Terus bisa merhatiin orang yang naik turun angkot. Akhir-akhir ini, aku baru naydar, ternyata 9 tahun bolak balik sekolah naek angkot membuatku menjadi orang yang suka merhatiin orang. Misalnya, merhatiin penumpang lain, apa ya yang lagi dia pikirin saat itu, mau kemana ya, kerja dimana ya, atau sekolah dimana ya.. Atau lagi ada masalah gak ya tu orang, kok mukanya kusut banget.. Atau sekedar merhatiin orang, anak sekolah yang lain, atau nguping obrolan ibu2 atau anak2 sekolah.. Hehehe...


Perjalanan naik angkot hari ini membuat aku jadi terkenang-kenang ama saat-saat dulu merajalela di Bandung pake angkot. Hehehe.. Hari ini aku naik dua angkot, Gedebage - St. Hall (warna ijo bego) dan Cisitu - Tegalega (warna ungu). Yang seru pas naik angkot pertama, angkot Gedebage. Aku naik angkot ini dari Buah Batu sampai ke Viaduct. Ni angkot kalo dianalogikan sama orang ya.. bisa disebut orang yang gak to the point, muter-muter.. soalnya, ni angkot emang muter-muter, lewat jalan2 kecil gitu.. Perjalanan pendek jadi jauh deh.. tapi itu serunya, aku ngelewatin banyak hal... apa aja yang aku lewatin?


Banyak banget sekolah, SD, SMP, SMA, SMK, dsb. Banyak banget rumah (tentunya). Beberapa pasar. Banyak pengamen, soalnya banyak ngelewati perempatan. Banyak mobil. Banyak angkot yang lain, dan masih banyak lagi. Yang menarik perhatianku adalah pas di Jalan Kosambi, aku melihat banyak tukang afdruk foto kilat. Inget gak? Dulu zaman belum ada teknologi bisa ngeprint foto, dan pas photo pake file yang di-burn di CD, kalo kita bikin pas photo kan dikasihnya klise gitu kan. Trus kalo mau cetak biasanya baru berhari-hari bisa diambil. Trus berjamurlah tukang afdruk foto kilat, yang bisa ditunggu. Dulu aku pernah nyoba ngafdruk foto di tukang afdruk kayak gini, lumayan hasilnya. Tapi, sekarang, di saat cetak foto jadi makin cepet, udah itungan jam dan bukan hari lagi, aku gak nyangka tukang afdruk semacam ini masih ada. Masih ada pelanggannya gak ya... Trus apa dia punya komputer dan printer supaya bisa bersaing ama studio foto (yang saat ini juga udah seret pelanggan, soalnya kita sekarang bisa ngeprint foto sendiri). Hmmm...


Di Jalan Kosambi ini aku juga melihat buannyaaaaakkk yang usaha "terima jual emas berlian suasa". Berlian suasa apaan sih? Banyak banget di sepanjang jalan Kosambi. Tapi sepi.. Ada ya yang jual emas atau berlian di situ? Berarti orang yang usaha itu harus punya uang kan.. Mereka nyiapin uang berapa ya setiap harinya? Trus kalo hari itu gakda yang jual emas, trus tutup aja gitu tokonya? Mereka dapet duit darimana dunks?


Banyak profesi-profesi yang bikin aku penasaran apa yang akan terjadi di akhir hari itu.. Apakah ada yang mengafdruk foto di salah satu tukang afdruk foto kilat itukah? Apakah ada yang menjual emas atau berliannya di toko usaha jual berlian itukah? Kalo gak ada? Trus gimana? Gak makan dunks besoknya... Trus anak-anak mereka gimana? Sekolah dimana ya? Dan banyak pertanyaan lain yang muncul cuma dari dua profesi itu.


Hmmmmm....


Semakin menambah alasan mengapa aku harus selalu mensyukuri hidupku.. walaupun masih pengangguran. Hehehe..

No comments:

Post a Comment