5.7.06

Sengsara? Enggak juga kok..

Jadi, di rumah tempat aku tinggal selama aku KP di Jakarta ini, sekarang lagi susah air. Dari mandi, nyuci baju, nyuci piring, ngepel, minum, bahkan untuk wudhu pun perjuangan. Alhamdulillah-nya, Allah selalu ngasih jalan..walau gak mulus-mulus amat dan kadang harus mengeluarkan ekstra uang. Ironisnya, aku tinggal di daerah Setiabudi, yang konon katanya termasuk segitiga emasnya Jakarta, karena pas banget di antara Sudirman, Kuningan, dan Karet. Strategis bukan..nampaknya, persediaan air di sini udah abis sama kantor-kantor dan apartemen yang emang mengelilingi daerah ini. Yaiyalah, kalah gede bayarannya. Hehehe..

Berasa banget, air itu sangat berharga. Berasa banget air itu harta. Biasanya kalau di Bandung, air berlimpah dan gak perlu pake mikir kalau mau pake, sekarang jadi gak tega. Kayak hari ini, mandi aja, pake airnya diusahain seefisien mungkin. Karena harus inget ama anggota keluarga yang lain, harus inget ama berapa uang yang harus dikeluarin untuk beli air. Perjuangan untuk dapet air itu. Susahnya dapet air ini, sebisa mungkin tidak mengganggu siklus mandi. Kasian banget orang kantor kalo mencium bau-bau yang tak sedap. Hehehe..

Alhamdulillah, masih dimudahkan mencari air. Gak kebayang, gimana rasanya tinggal di gurun pasir, yang susah air, yang kalau mau dapet seliter air harus jalan berpuluh-puluh kilo, harus ngantri sama orang-orang lain. Bahkan, terkadang, walaupun sudah menempuh jarak puluhan kilo, airpun tak dapat. Gak kebayang, orang-orang itu, untuk minum pun sangat sulit. Apalagi untuk mandi atau nyuci. Gak kebayang, mereka yang gak punya rumah, gak punya uang untuk beli makan, untuk sekolah, apalagi beli air buat mandi atau nyuci.

Dengan mengingat hal-hal seperti itu, inget kalo masih ada yang lebih tidak beruntung, membuatku merasa keadaan ini menjadi menyenangkan, keberuntungan, bahkan sesuatu yang sangat lucu. Kapan lagi coba olahraga ngangkut-ngangkut galon. Kapan lagi mandi pake air isi ulang. Kapan lagi, mandi, minum, nyuci, yang biasanya gak berasa apa-apa menjadi suatu kenikmatan. Setidaknya, kelangkaan air di daerah ini bisa membuat kami bersyukur atas nikmatnya berkah dari Allah Maha Pemurah. Dengan kondisi kayak gini, seperti diingatkan. Air itu memang harta yang paling mewah dan berharga. Sehingga kita bisa belajar untuk memanfaatkan air dengan sebijak mungkin. Nikmat banget bisa mandi dari air hasil perjuangan. Hehehe..

Sengsara gak ada air? Enggak sama sekali, Alhamdulillah malah masih bisa diberi kenikmatan seperti ini. Gak semua orang loh bisa dalam kondisi seperti ini. Hehehe..iya gak?

5 comments:

  1. protes!!!
    tulisan terlalu cerah...

    *berkunjung

    ReplyDelete
  2. hehehehe....
    dulu gw pernah mikir kalo mandi itu kegiatan yang menyiksa dan menyakitkan...
    ga tau kenapa...
    bahkan gw ampe bikin mitos di rumah...
    bahwa mandi itu bikin kulit jadi tipis...hahahaha...makanya sekarang gw jadi item legam gini...hehehe...

    -fajar-

    ReplyDelete
  3. gw juga item, tapi gw sering mandi kok =)
    eh mona, boleh juga tuh
    gpp, umur mah ga masalah, yang penting saling mencintai
    =)

    ReplyDelete
  4. mona, kemana aja,kok sepi sepi aja nie blog =)

    ReplyDelete
  5. Ada atau tidak ada ga usah dibayangin atau dipikirkan. Just do it...

    ReplyDelete