23.6.05

Tukang Ojek Payung

Hari ini disuruh ibu belanja, jadi pas sore-sore pulang nyempet2in ke yogya ciwalk dulu. Pulangnya naek angkot dari kampus, pas nyampe cihampelas, hujan rintik-rintik dan semakin deras pas baru nyampe rs advent, mana gak bawa payung. Sambil nunggu nyampe ciwalk, mikir, gimana ya biar gak basah-basah banget..padahal jarak dari jalan cihampelas ampe masuk ciwalk-nya kan lumyan jauh..huu..

Akhirnya mikir..bodo amat ah, ujannya masih manusiawi kok..gak bikin kuyup-kuyup banget..ternyata pas nyampe depan ciwalk turun dari angkot..baru jalan dikit, tiba-tiba ada anak sekitar kelas 6 sd-an sambil bawa payung bajunya basah bilang, ‘teh, payung?’. Trus aku jawab, ‘Berapa?’. Gak tau refleks aja nanya berapa, padahal belum tentu tuh anak tukang ojek payung ya..sapa tau emang nawarin walaupun bajunya dah kuyup...tapi emang tukang ojek payung beneran kok..akhirnya, kami berpayungan berdua, trus antara jarak yg singkat itu nanya ma tu anak..’Kenapa ngojek payung dek?’ sambil mikir, gila hari gini masih ada aja ya tukang ojek payung..Trus si ‘adek’ menjawab, ‘buat nambah duit jajan teh..’. karena jaraknya pendek, jadi percakapan selesai di situ.

Ternyata, selama ini kita sudah sangat sering melupakan anak-anak yang ada di sekitar kita. Padahal, nasib masa depan kita ada di tangan-tangan kecil mereka, yang sekarang kebanyakan cuma tau MTV, mall, internet, dan handphone. Dengan teknologi yang semakin pesat, makin banyak anak-anak yang makin konsumtif, dan semakin pragmatis. Karena teman, tergantikan oleh play station, budaya ngobrol (yg sambil tatap muka) tergantikan oleh adanya handphone dan internet, yang asalnya tetangga ampe 40 rumah di depan, 40 rumah di belakang, 40 di kanan, dan 40 di kiri apal semua, sekarang, gimana mau hafal, kenal aja enggak, ketemu aja gak pernah. Dan karena teknologi yang semakin pesat pula, kesenjangan antara yg kaya dan miskin makin jauh, dan semakin banyak anak-anak seperti ‘adek tukang ngojek payung’ tadi. Huuu..ironis..

Jadi, banyak mikir, ternyata walaupun orang tua kita banyak yang masih ‘konservatif’ alias kolot, dan pada zaman 15 tahun lalu belum terlalu kenal telepon, pager, apalagi handphone. Komunikasi jarak jauh cuma bisa lewat telegram dan surat. Tapi banyak banget ngaruh ke psikologi anak-anak pada zaman itu. Sehingga kebanyakan jauh lebih ramah dari anak sekarang dan tentunya lebih polos, naif, serta gaptek..hehehe..
Miris, kalo liat anak yang tadi ngojek payung. Alhamdulillah, orang tua masih sanggup ngasih duit jajan sehingga kita gak harus ngojek payung untuk dapet duit jajan.

Ada yang menarik lagi, pas pulang dari ciwalk, kan masih ujan tuh..pas keluar, tiba-tiba ada yang bilang, ‘mbak, jangan ujan-ujanan pake payung aja..’. Nah lo..sapa tuh yang ngomong..tiba-tiba ada mas-mas yang memakai jas hujan kuning, menawarkan payungnya padaku dan bilang, ‘Nih mbak, payungnya’. Lumayan ada payung pinjeman..pas diliat jas ujannya, ada tulisan FREE NO TIPS..oohhh ternyata emang ada pelayanan payung toh di ciwalk. Trus dianterin ampe depan ma masnya (sekarang gak sepayung berdua, kan masnya pake jas ujan..hehehe), iseng-iseng nanya, ‘Emang di ciwalk ada pelayanan payungnya ya mas?’. Ni pertanyaan retoris banget gak sih, jelas-jelas payungnya kupinjam..trus masnya jawab, ‘Iya mbak, kalo ujan emang ada pelayanan payungnya.’ Oohhhh...

Alhasil, pulang pergi ke ciwalk, gak basah walaupun ujan lumayan deres. Ironis, ada petugas pelayanan payung alias tukang ojek payung juga yang FREE NO TIPS dan ada anak SD yang ngojek payung dibayar Rp 2.000,- buat uang jajan. Dua-duanya dibayar, bedanya kalo petugas resmi dibayarnya per bulan ma pihak Ciwalk, kalo anak yg ngojek payung dibayar kontan oleh kita-kita yang make payungnya. Hah..emang ya di negeri kita ini, keadaan apapun bisa jadi ladang pekerjaan. Saking ‘kreatif’nya. Hehehe...

1 comment:

  1. heheheh
    internet punya banyak keuntungan contohnya blog ini--pemikiran pribadi bisa mempengaruhi orglain kan?

    arus informasi yang dinamis membuat perdagangan dan ekonomi semakin berkembang...setiap kemajuan zaman harus terus diupdate oleh tiap orang...jadi kemajuan sumber daya manusia yang emang harus berimbang dan energik! tul gak?

    ReplyDelete