24.6.05

Teamwork..

Sore tadi bareng 2 orang teman kumpul buat bikin kensep suatu kegiatan besar di himpunan. Kok, kegiatan besar dikonsepnya cuma sama 3 orang? Kenapa gak.. kalo hasilnya bisa optimal bukannya lebih baik ya dibanding ngonsep ber-20 orang tapi banyak nyampahnya..

Tadi juga ngebahas teamwork alias kerja sama. Karena himpunan berbasis angkatan, jadinya ngomongin kerja sama antar angkatan. Kita bertiga berpendapat emang lebih enak kalo kerja bareng ma temen-temen yang seangkatan, karena dah tau seluk-beluk masing-masing temannya dan lebih bisa enjoy diajak kerja sama. Bukan berarti kerja sama multi angkatan itu gak enak ya..cuma lebih susah koordinasi. Mungkin karena teman seangkatan kita (kalau di TI) yang jadi temen bareng selama 4 tahun, sepenanggungan sependeritaan. Hehehe..

Terus, kita bertiga sepakat kalau lebih enak kerja dalam tim kecil tapi fokus, dari pada terlalu banyak orang malah kacau koordinasinya. Kita bertiga juga sepakat lebih efisien kalau kerjanya dari scoop yang kecil dulu baru scoop tersebut membesar. Lebih mudah dikoordinasi.

Cara masing-masing orang bekerja sama emang berbeda, dan setiap cara itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Hmm..menurutku, dengan bekerja sama dengan seseorang, akan semakin mudah mengenal orang tersebut (pastilah ya..) karena dengan kerja bareng bisa kelihatan kelebihan dan kekurangan mereka. Sering banget kalau kerja bareng dalam suatu kegiatan aku (istilahnya) ‘menemukan’ seseorang. Maksudnya, menemukan seseorang yang ternyata bisa cocok diajak kerja sama. Tapi sering juga menelan kekecewaan pada seseorang yang kuanggap akan enak kerja sama dengannya, tapi ternyata tidak.

Pernah ngobrol juga ma temen tentang sifat-sifat orang dalam bekerja sama. Ada yang sifatnya dominan, ada yang nrimo. Biasanya kalau orang dominan digabung sama orang dominan banyak bersitegangnya, biarpun gak sampe berantem. Berdasarkan pengalaman (sok tua banget ya..) paling enak komposisi orang dalam sebuah tim, misal yang berisi 3 orang, komposisinya 1 orang yang dominan, 1 orang yg nrimo, dan 1 orang di antaranya. Atau bisa juga 1 orang yg deadliner, 1 orang yang sangat organized, dan 1 orang di antaranya. Ini komposisi hasil ulik-ulikan bareng temen sih, gak mutlak juga. Cuma berdasarkan kerja sama-kerja sama yg selama ini pernah dilakukan, paling enak komposisinya ya..kayak gitu..hehehe...

Bisa bekerja sama itu menarik karena dengan bekerja sama kita bisa semakin mengenal sifat-sifat manusia yang pastinya unik dan menarik. Lagian, sambil latihan juga buat di masa depan kalau dah kerja. Itulah kenapa, aku lebih suka mengonsep dan membuat suatu kegiatan yang konkret dibanding hanya mengonsep sesuatu yang abstrak. Hehehe..interest masing-masing orang kan berbeda..

3 comments:

  1. jadi inget Pa Anas..dia selalu bilang 'kalian harus coba untuk bekerjasama dengan siapapun' dan ini dijadikan alasan untuk menentukan kelompok PTI secara acak...hu3x...
    di TI banyak banget kesempatan untuk kerjasama dengan tipe orang yang berbeda..coba rasain deh... menyenangkan....

    ReplyDelete
  2. huaa,,
    1 deadliner, 1 organized, 1 diantaranya?? hmm kelompok ttki qta ya mon??hehe,,,ternyata kombinasi kelompok terbaik versi kamu,,huaha...

    ReplyDelete
  3. buat eka: hmm...masih mencari mana yang terbaik sih ka..
    ta[i kelompok ttki yg itu lumayan juga kok..hehehe

    ReplyDelete