22.6.05

..menata hidup..

Hari ini banyak banget mikir, mikir tentang rencana-rencana baru yang pengen diterapin dalam kehidupan sehari-hari. Entah kenapa, rencana-rencana yang (nampaknya) bagus kok kepikirannya malah di angkot pas pulang. Hehehe.. di sela-sela semua pemikiran itu, terselip sebuah keraguan. Apa gw bisa mewujudkan semua rencana hari ini ya. Apa gw punya kekuatan untuk tetap pada pendirian dan berusaha untuk mewujudkan semua yang ada di otak gw. Kok bingungin ya..

Sebelumnya, kalau ada rencana di otak, atau hal-hal yang pengen dilakuin biasanya kandas mentok di otak aja. Kemalasan untuk mewujudkannya mengalahkan keteguhan untuk mengusahakannya. Tadi siang juga baru ngobrol ma temen tentang harapan dan ketakutan. Jadi mikir, kayaknya selama ini di hidup gw penuh dengan harapan, mimpi, dan segala macam bentuk impian deh. Tapi kok sedikit yang bisa terwujud. Jadi, biasanya ketakutan untuk melakukan sesuatu besar daripada harapannya. Bahkan kadang jadi gak berani untuk mencoba tuk mewujudkan harapan itu. Dangkal sih..harusnya kan kita gak boleh seputus asa itu ya, tapi mau gimana lagi coba. Kalau sudah terbiasa untuk kecewa bisa membuat diri kita jadi gampang putus asa. Gila gw dangkal banget..

Padahal keberhasilan seseorang belum tentu harus dalam bentuk yang besar (di sini misalnya harapannya terwujud) tapi bisa juga dari hal-hal yang kecil. Kadang keberhasilan yang kita capai tidak bisa terlihat karena kita menutup mata akan keberhasilan itu. Takut untuk mengakui bahwa kita berhasil di tempat yang bukan kita harapkan. Misal, harapannya di sebuah kepanitiaan gw menjadi anggota Danus yang berhasil, eh ternyata gak sepeser uang pun yang didapat (tragisnya..) tapi pas dicoba masuk bidang humas (yang gak pernah kita harapkan sebelumnya) ternyata bisa lebih ter-explore di sana. Belibet ya..Hehehe...

Di sini pentingnya pengendalian diri kali ya. Gimana caranya kita hidup dengan seimbang, sederhana dan bersahaja. Loh? Mencoba untuk menjalani hidup dengan sebaik mungkin, terus bermimpi, terus berusaha, dan terus belajar. Nampak mudah, tapi susah dilaksanain..bisa tapi sulit..hehehe..

Akan sangat menyenangkan (nampaknya) kalau kita bisa mengendalikan semua hal yang ada di sekitar kita dan membuatnya pas dengan hidup kita, bukannya tunduk pada keadaan dan tergantung pada orang lain. Sering tanpa disadari itu yang terjadi, tunduk pada keadaan. Menjadi lemah karena kekecewaan sesaat, menjadi malas karena tak terwujud harapannya, menjadi picik dan curiga pada setiap perubahan. Buntut-buntutnya menjadi orang yang suka negative thinking. Huu..dangkal, tapi sering terjadi pada diri kita (termasuk gw juga) tanpa disadari.

Kebalikannya banyak juga orang yang sangat dalam pemikiran-pemikirannya, punya visi yang jauh untuk masa depannya, dan sok punya konsep yang bagus, tapi pas dilaksanain dan ternyata diindikasi ada cacat di konsepnya, banyak orang yang kabur. Atau malah mereka punya banyak pemikiran bagus, tanpa berusaha mewujudkannya. Sama kayak cerita di atas. Gw punya banyak rencana tapi males mewujudkannya karena terlalu sering kecewa. Segitu putus asanya..=p

Lagi berusaha punya jargon baru nih (jargon ini juga kepikiran di angkot, nasibnya emang cuma bisa naek angkot doang kali ya..hehehe) untuk menyemangati diri tuk selalu berusaha mewujudkan apa yang ada di otak..mencoba untuk menata hidup..

..dunia gak butuh orang yang HANYA bisa merencanakan tapi GAK MAU mewujudkan, dunia butuh orang yang bisa dan mau BERUSAHA mewujudkan semua impian dan rencananya..

Jargon ini buat pribadi kok, cuma bermaksud membuat target dan tekad di dalam diri dan hati. Hehehe..

Oia, nemu pepatah bagus juga nih..

Courage does not always roar. Sometimes, it is the quiet voice at the end of the day saying, "I will try again tomorrow".
-Anonymous

Semua harapan, mimpi, rencana, impian gakkan terwujud kalau gak ada usaha dari yang memiliki harapan, mimpi, rencana, dan impian itu. Tentunya kalau usaha aja gakkan cukup, harus diiringi dengan do’a. Manusia berencana, Tuhan jua yang menentukan. Klise, tapi selalu benar. Hehehe... Saat kita gagal, teruslah mencoba..coba lagi..coba lagi..dan coba lagi..Kalau gagal terus, mungkin emang gak cocok buat kita kali ya. Hehehe..

1 comment:

  1. wah..kita sama..aku juga termasuk orang2 yang selalu punya impian, rencana, dan pemikiran2 yang terlintas..tapi jarang sekali semua impian2 dan rencana2 itu terwujud, karena diri lebih dikuasai oleh kemalasan..
    berharap tidak keterusan yah...
    semoga semua impian dan rencana2 kita bisa berguna bagi orang banyak ya..

    ReplyDelete