2.12.11

On Journey

Picture is taken by Wijoyo Niti Daton.
Jogja, 25.11.2011.
"As usual, a journey always gives you lots to think about.."


Seringkali saya ucap pada sahabat saya, Nda, "Nda, traveling itu menguji persahabatan. Ayo kita traveling!" Cuma sayangnya sampai saat ini, saya belum mendapatkan kesempatan untuk 'jalan' bersama sahabat-sahabat saya. Entah karena waktu kami yang memang susah-susah gakda gampangnya untuk diatur, atau memang kaminya saja yang malas mengosongkan waktu. Hehehe..

Traveling, jalan-jalan, journey, perjalanan, melancong, apapun kata yang dipilih selalu menjadi satu metode instan bagi saya untuk belajar banyak hal. Terutama untuk menambah Seri Mengenal Diri Sendiri dan Seri Kenali Temanmu atau Seri Belajar Karakter.

Kasih dua orang yang hubungannya biasa-biasa saja perjalanan selama minimum 3 hari, dan ada dua hal yang bisa terjadi. Kedua orang itu jadi teman baik atau justru jadi musuh. Hahaha..

Dalam perjalanan, saya belajar mengenal watak orang sesungguhnya dalam waktu singkat. Melakukan perjalanan bagi saya adalah keluar dari rutinitas dan zona nyaman. Pergi untuk menghadapi banyak ketidakpastian, bersiap untuk bertemu dengan wawasan baru, karakter baru, dan perasaan baru. Melakukan perjalanan akan membuat mata saya sering berkilat, melembut, menerawang, dan kadang membasah. 

Alhamdulillah, 3 tahun ini saya tercemplung dalam banyak perjalanan. Bahkan sepertinya seumur hidup saya dicemplungkan secara tak sengaja dalam banyak perjalanan (mengingat banyaknya fragmen memori dimana saya berada di rumah sanak saudara dan bukan di rumah sendiri.. hehehe..).

Seperti yang saya katakan pada Batari (di blognya), saya berusaha tidak membuat ekspektasi apapun atau berlebih sebelum pergi karena dengan tidak berekspektasi lebih, perjalanan akan lebih membuat mata saya berkilat. :D

Begitu banyak yang saya dapatkan dalam sebuah perjalanan, tapi dari semua itu yang terutama saya syukuri adalah berkah pemikiran-pemikiran baru, pertemanan yang semakin erat, hati yang bungah, dan senyum yang lebar (kok banyak ya.. huakhahaha...).

Maka dari itu, saya tak sabar menunggu perjalanan selanjutnya datang. Semoga di antara banyak perjalanan yang mendekat itu, ada perjalanan bersama kalian (Nda, Didi, Eka, kapan kita ke Solo?). Amiiin...

Teringat juga ucapannya Beno, "Perjalanan itu, bisa buat dua orang yang gak saling kenal akhirnya bercinta, Mona!" (He's talking about Jack and Rose on Titanic. Huakhahahhaa...) Mungkin tidak seekstrim itu ya (Beno! Ckckckck... *geleng-geleng kepala*), tapi saya mau tidak mau setuju dengan "Perjalanan akan membuat dua orang yang (mungkin) awalnya tidak kenal jadi saling jatuh cinta." Ihiiiiiyyyy... Romantis abiss!!!! Banyak filmnya soalnya, dan film kan secara tidak sengaja terinspirasi dari dunia nyata. Hehehe..

Baiklah.. Selamat beranjang ke banyak tujuan, teman. Nikmati dan buatlah matamu berkilat!  

~ Mona Luthfina

1 comment:

  1. Selamat beranjang?
    Monaaaaa!!?! Ckckckckck..... :-D

    ReplyDelete