12.7.10

Prihatin

Bapak dari dulu selalu mengajarkan kalau menginginkan sesuatu itu harus prihatin. Misal:

"Mona kan mau EBTANAS (ini kelas 6 SD ya, namanya masih EBTANAS, bukan UAN), Mona harus prihatin. Jangan malah maen terus kerjaannya.."

"Mona kan bentar lagi lulus kuliah, mona harus prihatin. Harus bisa lebih dewasa.."

"Mona kan setiap minggu dikasih uang saku, masih disupport Bapak Ibu, tidur masih di rumah, sekolah dibiayai, makan disediain, di rumah ada pembantu, bisa hidup enak, harus prihatin dong. Banyak anak seumuran Mona yang gak bisa seberuntung Mona. Tidur di rumah bilik, orang tuanya mau ngebiayain sekolah susah. Makan seadanya. Setiap hari harus kerja. Jangan boros dong.. harus bisa hidup prihatin.."


dan banyak contoh lainnya..

Gak pernah ngeh apa sih maksudnya prihatin itu.. sampai saat ini.. Ketika hidupku (seharusnya) tidak disupport lagi oleh Bapak Ibu. Terasa baik secara moral, terutama dalam finansial. Hahaha...

Susahnya ngurus rumah, susahnya ngatur keuangan. Baru dirasa sekarang. Setiap keputusan, sekecil apapun dampaknya langsung pada diriku. Misal:

Mau berfoya-foya kalap di pameran buku, monggo.. duit sendiri ini.. tapi bulan depan kagak bisa makan mewah..

Mau jalan-jalan impulsif ke Jogja, monggo... duit sendiri ini.. tapi bulan depan kagak bisa beli buku..

Mau makan di luar setiap malam, monggo... duit sendiri ini.. tapi bulan depan kagak ada cable TV..


..hmmm.. okeh, contohnya agak-agak ironis.. hehehe..

Selalu ada konsekuensi untuk setiap keputusan. Kadang, untuk hal sederhana aja, bisa lama bet mikirnya.. tak bisa seimpulsif dulu.. impulsif pun harus mikir (ya namanya bukan impulsif lagi dong ya..).

Gak cuma uang, tapi kehidupan sehari-hari..

(terpaksa) Jadi ibu rumah tangga karena sekarang cuma tinggal berdua ama adek juga menambah lika-liku sendiri. Area tanggung jawab tidak lagi sebatas kamar sendiri, tapi udah satu rumah dengan berbagai problemanya.

Bulan ini mesin cuci rusak.
Bulan lalu internet kagak nyala.
Bulan lalunya lagi taneman di rumah diuletin.
Cucian numpuk.
Setiap hari harus mikir masak apa.
Belanja bulanan.
Ada tamu, disuguhin apa.
Kenapa rumah banyak nyamuk.
Kenapa langit yang di kamar situ bocor.

..dan segudang hal yang nampak remeh, namun ternyata lumayan bikin belibet.

FYI, untuk semua orang yang meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga, poor you.. dangkal sekali pendapatnya (sinis, hahaha). Jadi komandan rumah susah dan tidak ada reward yang nampak besar (menurut pandangan orang banyak), jadi kerjaan ini memang tidak menarik untuk banyak orang. Namun sangat krusial peranannya dalam tatanan kehidupan setiap manusia. Untuk menjaga keseimbangan, harus ada orang yang rela untuk memegang peranan ini. Komandan rumah tangga. Yeah!!

Baru nyadar, prihatin itu maksudnya gini tho.. Menahan diri sebelum mengambil keputusan apapun. Karena setiap keputusan pasti ada konsekuensinya dan semuanya harus dipertanggungjawabkan. Konsekuensi, baik buruknya yang menerima memang cuma diri sendiri (pada akhirnya). Cuma, satu hal lagi yang kupelajari, bertanggung jawab pada diri sendiri itu lebih susah dibanding bertanggung jawab pada orang lain. Lebih banyak godaannya. Huakhahahha...

Ternyata begini rasanya jadi orang dewasa.. Sigh, tidak menarik-menarik amat, entah mengapa begitu banyak remaja ingin cepat dewasa (walau baru bisa lewat dandanan saja). Bahagianya jadi anak kecil.. Hahahaha..




~ Mona Luthfina

P.S. This is a random post without specific topic.. haha.. 

4 comments:

  1. sudah cocok mon. jangan ditunda2. :)

    ReplyDelete
  2. nice insight mooonn. ah jadi anak kecil ga gitu enak jg ko. ga bisa nentuin sendiri apa yg di-mau :D
    -yakinlah apa yg dikatakan anak bungsu-

    ReplyDelete
  3. segeralah menikah, kamu sudah siap :d

    btw, kapan kita ke yogya ;)

    ReplyDelete
  4. kata mamah, setuju ttg komandan rumah tangga... sehingga harus 'bagi peran' :) dalam rumah tangga kan nggak hanya satu orang... :D

    sincerely, Fika dan mamah :D

    ReplyDelete