2.2.09

Ada Aku Ada Buku, Ada Buku Ada Kamu

Kali ini aku mau cerita tentang hubunganku dengan buku..

I've been in love with books since I have the ability to remember.. Haha..

Kata Ibu, aku bisa baca pas umur 3 tahun. Sejak saat itu, aku seperti anak kalap yang gak tahan kalo liat buku. Aku tumbuh bersama dengan buku serinya Walt Disney, serialnya Lupus [Lupus Kecil, Lupus ABG, dan Lupus dewasa], Olga, Vanya, serinya Enid Blyton, Sherlock Holmes, Agatha Christie, seri Nabi, seri Cerita Rakyat, seri Wiro Sableng [aku juga gak tau knapa bisa baca buku ini.. huakhahaha], seri Detektif Cilik, Roald Dahl, masih banyak lagi [saking banyaknya aku gak inget lagi, haha], dan terutama Seri Mengapa Begini, Mengapa Begitu (MBMB) .. Hehehe..

Waktu kecil dalam ingatanku tidak ada boneka, tidak ada main masak-masakan, tidak ada game-game, tidak ada es krim maupun permen.. yang aku ingat hanyalah buku.. buku.. dan buku.. Ulang tahun, kenaikan kelas, semua bentuk hadiah untukku dan adikku adalah buku. Namun, kemewahan untuk mendapatkan buku yang aku mau tidaklah dirasakan setiap bulan, minggu, apalagi setiap harinya.. Tapi dasar emang lahir jadi anaknya Bapak dengan buku yang bejibun, mau gak mau di otakku yang namanya rumah yang nyaman adalah rumah yang penuh buku dan minimal satu tempat yang nyaman untuk membaca..

Jadi inget.. waktu kecil aku kan sering diajak pergi sama Pakde Min.. Nah, di rumahnya ada seri MBMB yang lengkap banget.. Sayang banget, si Mas Aci [sodaraku] males bacanya. Hehe.. Jadi aku suka ngulik-ngulik rak bukunya Pakde buat baca buku seri MBMB. Aahh.. kayaknya aku jadi anak yang paling bahagia sedunia.. Belum lagi Pakde suka ngebeliin aku buku seri Lupus.. 

Lalu, SD dan SMP-ku kan jauh [45 menit perjalanan naik angkot] nah, buat ngisi waktu di angkot, setiap hari aku selalu bawa satu buku. Entah berapa puluh buku yang abis selama perjalanan pulang pergi ke sekolah. SMA aku mulai kenal yang namanya taman bacaan, makin kalaplah.. pulang sekolah bukannya langsung pulang atau les, tapi mampir di taman bacaan, bahkan sampe kenal ama penjaganya. Hehehe..

Pertama kalinya aku tahu bagaimana rasanya sangat marah adalah karena buku. Ketika itu aku masih SD kelas 5, adekku dengan semena-mena merobek novel Vanya baruku.. Sampai saat ini aku masih ingat bagaimana marahnya aku pada adekku dan kalo inget, bawaannya jadi pengen marah lagi.. Huakhahaha..

Salah satu film yang paling berkesan di otakku sampai saat ini pun film You've got mail! Filmnya Tante Meg Ryan dan Om Tom Hanks ini begitu terpatri di otakku justru karena tokoh Meg Ryan punya toko buku anak yang sangat nyaman dan menarik. Ini salah satu yang memicuku untuk bermimpi memiliki toko buku anak-anak..

Hidupku berkisar di antara buku sampai-sampai mimpiku pun selalu berhubungan dengan buku. Pernah ditanya oleh Pak Gunawan, dosen Teori Kepimimpinan dan Motivasi di TI, "apa visi kamu ke depan?" entah kenapa saat itu aku menjawab dengan klisenya, "Menjadikan anak Indonesia, anak yang gemar membaca." Klise, tapi anehnya, cuma jawaban itu yang aku rasa paling jujur dan terpikir saat itu..

Dulu, aku sanggup membaca minimal satu buku sehari, setebal apapun itu.. Namun, kuliah.. Haaa.. Entah kenapa hobiku satu-satunya ini kalah dengan texbooks kuliah, tugas-tugas dari dosen, himpunan, lab, dan semua lini kehidupan kuliah.. And I do miss my hobby.. I still in love with books, always have and always will [mengutip kata-katanya Blair Waldorf di GG], over and over again.. 

Semalam aku smsan ama seseorang tentang menemukan jati diri. Kalau dia menemukan dirinya lewat film, sedangkan aku langsung terpikir untuk bilang kalau aku menemukan diriku lewat semua novel yang aku baca sampai saat ini. Satu hal lagi yang aku sadari malam tadi... Begitu besarnya pengaruh buku dalam hidupku, karena dari buku aku belajar tentang begitu banyak hal.. Dari buku aku belajar berimajinasi dan bermimpi.. Karena dalam membaca, kita akan dipaksa dan terpaksa untuk berimajinasi, dan dalam imajinasi tidak ada batasannya.. Ah.. mengingat tentang semua hal itu membuat adrenalin meningkat dan menumbuhkan kembali rasa rindu pada masa kecil yang penuh dengan keingintahuan dan imajinasi yang liar.. Haha.. [mulai melow bahasanya..]

Sekarang, ketika akhirnya aku punya waktu lagi untuk membaca, kemampuan membacaku tak seperti dulu lagi.. Mungkin bisa berminggu-minggu waktu yang dibutuhkan untuk membaca satu buku.. Tapi toh, ada baiknya untuk memulai lagi apa yang pernah menjadi sumber semangatku di setiap harinya.. Ya kan..

~ Mona Luthfina di sela-sela waktu istirahat.. diteruskan lagi di malam harinya..

P.S. Ada resolusi baru tahun ini.. Menghabiskan antrian buku tak terbaca di rumah.. Sebelum beres gak boleh beli buku kecuali pas Pesta Buku di Landmark Braga. Mampu gak yah..

P.P.S. Entah kenapa aku lagi pengen ngasih judul postingan kali ini kayak gitu.. Haha..

2 comments:

  1. Mona, masa kecil mu mirip sama aku,,ga ada boneka ga ada game..tapi aku mah suka es krim (hobi makan dari kecil tampaknya ;p). aku suka buku,,tapi kamu jauuuuuuh lebih suka.

    Beruntunglah Mona kl in love with books,,Buku adalah jendela dunia,,jadi kita bisa tahu banyak hal.

    hoo,,pantesan kalo diajak jalan2 kmu kurg betah,,betahnya di gramed y.

    Rutinitas kerja memang menyita waktu membaca..uhuhuhu..=(,,smangat Mon,,mulai lg baca

    -ntar aku ke rumah kamu lg pinjem buku2 bagus ya..^^-

    ReplyDelete
  2. to nance:
    sipsip nance.. kita maen ke rumahku.. trus ke baleendah juga, liat anak-anak yang semangat belajarnya masih tinggi menjulang.. haha..

    ReplyDelete