10.12.08

Terlena oleh Prasangka

Orang yang sama yang telah membuatku merasa kalau ternyata aku ini telah menjadi perempuan yang lebih kuat dan tegar, menyadarkanku hari ini, seperti ditampar keras-keras, bahwa kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari satu sisi saja.

Rutinitas memang dapat membuat kita berkarat dalam merasakan, menilai, dan membuat keputusan.

Aku lupa bahwa dibalik suatu hal pasti ada hal yang lain, dan selalu ada alasan dibalik suatu hal. Aku lupa bahwa dalam menghadapi orang, kita pasti menggunakan pendekatan yang berbeda. Aku lupa bahwa jika sikap seseorang itu keras pada kita, itu bukan karena dia tidak peduli atau ingin kita susah, bahkan seringkali, itu justru karena mereka pikir bahwa itu cara yang paling baik supaya kita memberikan yang terbaik. Aku lupa bahwa dunia itu bukan hanya apa yang "aku" pikir, tapi juga apa yang "orang lain" pikir. Aku lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan tidak bisa tidak bergantung pada orang lain. Aku lupa bahwa kita terbiasa untuk percaya dengan apa yang kita sangka dan bukan percaya karena fakta yang ada. Aku lupa bahwa hidup adalah perjuangan, dan di saat perjuangan itu telah menjadi rutinitas, kita harus mencari lahan lain untuk berjuang. Aku bahkan lupa bahwa manusia tercipta untuk terus berpindah, dari satu kondisi ke kondisi yang lain. Aku juga lupa bahwa dibalik keterpaksaan, selalu ada kreativitas yang muncul.

Sigh... Yupe, hanya karena obrolan gak nyampe setengah jam, aku menjadi ngeh akan banyak hal dan mengubah cukup banyak pandanganku terhadap orang lain. Ternyata, aku terlena oleh keadaan yang sampai saat ini aku percaya adalah keadaan yang cukup menantang. Aku terjebak di dalam rutinitas akan kelengahan dan kelemahan. Aku butuh tantangan, dan aku tidak percaya aku baru mengatakan itu.

Sigh lagi... apa sih..

Yasuds, sip ah.. Untuk orang yang telah membuatku mendapatkan pencerahan dan perspektif baru hari ini, terima kasih.. dan maaf karena telah berprasangka sebelumnya.

~ Mona Luthfina

3 comments:

  1. hehe si mona.. judul postnya kayak salah satu lagu dangdut.. ;)

    ReplyDelete
  2. seneng ya mon,,masih ada orang atau kejadian yang bisa mengingatkan kita untuk selalu menjadi lebih baik..
    alhamdulillah..^^

    ReplyDelete
  3. mon,, tentang apa sih?
    share donk :)

    ReplyDelete