12.12.08

Apa Peranmu?

"Curiousity is my passion, smiling is my weapon." ~ Mona Luthfina

Kembali ke minggu pemahaman diri..

Kemarin, aku bertemu dengan Amir, Anza [senior di TI sekaligus bosku sekarang yg ternyata tidak cuma insensitif aja,, hehe], dan Pak Aso. [Weiss.. triple A gini.. mantaph] Kami ngobrol buanyaaakkk hal.. dari yg gak penting sekitar gosip2 mahasiswa [hehehe..] mpe gosip2 tingkat tinggi dan cerita-cerita tingkat tinggi..

Satu hal yang selalu seru kalo lagi ngobrol sama Pak Aso [Pak Aso ini salah satu dosen favoritku dan dosen yang care banget ama kami, para mahasiswanya], selalu ada cerita tentang para alumni-alumni TI yang udah pada sukses sekarang. Ceritanya itu selalu menarik dan inspiring. Jadi wondering, nanti Pak Aso bakal cerita2 tentang aku dan teman-temanku ke anak2 angkatan bawah gak yah.. Hehehe..

Ada satu topik yang nempel di otakku..

Ini tentang peran kita di kehidupan, di dunia kerja tepatnya, atau di suatu organisasi dan kepanitiaan. Menurut Amir, ada 3 macam peran, worker, conceptor, dan manager.

Worker : yang paling nurut. Harus dibimbing, harus punya atasan, harus dikasih tau. Tapi dia emang paling jago mengikuti perintah.
Conceptor : si pemikir yang punya ide, empunya konseplah [jelas dari namanya], yang punya pemahaman lebih, dan jago menganalisis situasi
Manager : ini yg tukang ngatur, dia jago mengkombinasikan si ini dengan si itu, si sana dengan si sono. Dia pintar mengeluarkan apa yang lebih dari seseorang. 

Ketiga peran itu sama pentingnya dan sama dibutuhkannya. Jadi, mereka punya kewajiban, hak, dan wewenang yang bobotnya sama terhadap suatu kegiatan atau pekerjaan, hanya cara pelaksanaannya yang berbeda.

Jadi, yang manakah aku?

Hmmm.. setelah berpikir bolak-balik dan bertanya sana-sini.. Kayaknya aku sepakat kalo aku memiliki kecenderungan untuk jadi worker. Karena aku adalah orang yang sangat butuh orang lain. Dalam kerjaan, aku butuh orang lain untuk memberitahuku kalau aku salah, mengajari, dan menegurku. Aku butuh orang yang menjadi tempatku untuk melapor. Orang yang jadi parameter kalo aku benar. Orang yang bisa aku turutin. Karena pada dasarnya aku lebih suka untuk menyenangkan orang lain. Tantanganku dalam hidup ini adalah bagaimana orang lain puas dengan apa yang aku kerjakan, apa yang aku perbuat. Aku butuh orang lain.

Tapi ketika disuruh jadi manajer atau konseptor. Aku dengan senang hati untuk menjalankannya. Karena aku orang yang suka belajar dan tahu hal baru. Walaupun bosenan juga sih dan susah untuk fokus.. Hahaha..

Jadi kayak interviu kerja.. Hehehe..

It was a very good conversation, yesterday. Udah lama gak ngobrol banyak ama senior [Amir dan Anza] dan ama Pak Aso. Jadi inget pas tingkat-tingkat awal dulu. Aku banyak banget bergantung sama anak angkatan atas. Banyak nanya, banyak belajar, menikmati jadi anak bungsu. Menikmati jadi adik. Menikmati serunya belajar hal baru, menikmati pemahaman-pemahaman baru. Menikmati senangnya tahu tentang sudut pandang orang lain tentang suatu hal. Menikmati diajari. Menikmati dikasih tahu. Menikmati menjadi adik [junior] yang gak perlu takut salah dan gak perlu takut kalau gak tahu, karena kakak-kakaknya [dan dosennya] bersedia untuk menjelaskan dan memberi tahu. Aaahh.. senangnyaa.. inget pas dulu TI 2003 masih jadi anak bungsu di MTI. Aku banyak belajar dari mereka [angkatan atas maksudnya].

Senangnya.. Terima kasih banyak ya Pak Aso, Amir, dan Anz..   

Eniwei, ternyata Anza tuh wakil ketua PPAB [ospek jurusan] angkatanku. Amir juga. Amir itu wakil untuk eksternal, Anz itu wakil internal. Makanya angkatanku lebih banyak kenal Amir [dengan suara khasnya]. Hohoho.. Kemarin berasa PPAB privat, tapi Ajun [ketua PPAB-nya] diganti ama Pak Aso. Huakhahaha.. Eh, triple PPAB ternyata triple A juga namanya. Lagi sering ketemu orang dengan inisial "A" nih.. 

Ah, aku mulai tak penting.. Sudahlah..

~ Mona Luthfina

3 comments:

  1. kangen pak asooo

    salam yah mon kalo ketemu lagi..

    ReplyDelete
  2. aku juga Atiek.. lo kangen ma gw ya moon,, ngaku ngkau,, hahaha

    ReplyDelete
  3. Mon, gw tipe yg mana tuh?kayaknya kagak ada..hahaha...

    ReplyDelete