9.7.08

Anak Manja Masuk Pesantren #8 - Tamu dan Tuan Rumah

Satu hal yang aku perhatikan di pondok yang aku tempati sekarang adalah...

Ibu Nyai tamunya buanyaaaaaaaakkkk bangeett...

Bagi diriku hal ini adalah sesuatu yang merugikan sebenarnya, karena dengan adanya tamu, aku yang ngajinya di waktu bebas sebebas-bebasnya ini jadi gak bisa ngaji.. Padahal diriku dibatasi oleh waktu yang nampak cepat berlalunya..

Tapi.. tapi... dibalik kerugianku, setidaknya ada hikmah dong yang harusnya bisa kuambil.. Dan ternyata, memang ada..

Aku mendapatkan kesimpulan [minggu ini dapetnya], bahwa tamu itu adalah berkah dari Allah.. Kenapa, karena menghormati tamu adalah suatu sikap yang mulia. Bahkan jika tuan rumah sedang puasa sunnah pun, harus membatalkan puasanya untuk menghormati tamu, dan ngajak tamunya makan atau minum misalnya. Semakin banyak tamu itu kan berarti semakin banyak yang harus disediakan oleh si tuan rumah. Iya gak? Dari mulai suguhan, makanan kecil, minuman, waktu, tempat, tenaga [kalo ini jelas.. karena nyuci-nyuci piring dan gelas juga butuh tenaga], serta pikiran.. Kalo sang tuan rumahnya gak ikhlas gimana? Malah jadi gak manfaat kan.. Sedangkan kalo ikhlas, jadi ladang pahala buat si tuan rumah tentunya..

Jadi, semakin banyak tamu itu jangan malah disesali dan dikesali.. Karena dengan banyaknya tamu, berarti semakin banyak orang yang peduli dengan kita, mendo'akan kita, dan menjadi ladang pahala karena keikhlasan kita..

Tapi sebagai tamu juga jangan keterlaluan ya.. Bertamu pun ada etikanya.. Hehehe..

Sip ah... ayooo tamuu.. berdatanganlah..

1 comment: