26.12.07

Hajj Part 2 - Meet New People

Seperti layaknya kalau pergi keluar negeri, tentu aja kita bakalan ketemu sama orang-orang berbeda bangsa. Istimewanya Haji adalah, semua orang dari berbagai bangsa berkumpul di satu tempat untuk satu acara, yaitu Haji. Jadi, selama 22 hari itu, aku ketemu banyak orang.



Belum lagi, karena setiap shalat fardhu diusahain selalu di masjid, maka setiap shalat, teman di sebelah pun bisa berbeda2 bangsa. Selama di sana, aku pernah shalat dan [hampir semua] ngajak ngobrol orang India, Turki, Thailand, Bangladesh, Kazakhstan, Abu Dhabi, Dublin, Mesir, New York, dan Afrika.



Di antara semua ibu-ibu itu, yang paling berkesan pas sebelahan ama orang Dublin, Irlandia. Namanya Susan, anaknya 3 [semuanya lucu-lucu], Khadijah [6], Maryam [4], dan Omar [20 bln]. Susan ini muallaf, sekitar 9 tahun. Sebelumnya udah pernah haji. Haji yang sekarang ini sekeluarga, ama suami dan anak-anaknya yang masih kecil. Dia cerita, di Dublin itu Muslimnya sedikit, jadi susah untuk membesarkan anak secara islami di sana. Sekolah Islam pun cuma sampai sekolah dasar aja. Aku kagum sama semangatnya dia dan kesabaran serta ketabahannya dia. Soalnya, susah kan kalo jadi muallaf apalagi di negara yang Islam menjadi minoritas di sana. Hebat..hebat.. Biasanya malah gitu ya.. yg muallaf malah lebih kuat Islamnya dibanding yang born to be Moslem. Tapi kan gak boleh gitu ya..


Yang seru lagi pas sebelahan ama orang Abu Dhabi [sayang gak sempet kenalan namanya sapa. Hehe..], ama yang ini ngobrolnya lama, soalnya dari Maghrib sambil nunggu Isya di Nabawi.. yang diomongin pun banyak dari mulai haji, trus baby sitter-nya yg orang Indonesia, kerja di Abu Dhabi gimana, toilet di Arab, gimana perempuan berpakaian di Arab, sampai SHOPPING. Hahaha...



Meet New People di sini gak hanya dengan orang dari bangsa lain, tapi juga dengan bangsa Indonesia sendiri. Secara jama'ah haji dari Indonesia itu yang paling banyak [210.000 orang] jadi emang banyak juga ketemu orang Indonesia. Gampang banget ngeliat orang Indonesia, liat aja yang pendek-pendek atau kecil-kecil trus kalo gak pake mukena [soalnya gakda lagi yg pake mukena macam mukena orang Indonesia selain orang Asia Tenggara] pasti pake baju warna ijo telor asin, itu pasti orang Indonesia. Atau kalo bapak-bapak, pake sarung ama pake peci item. Hehehe..


Ini foto pas di Jabal Uhud, bareng ama jama'ah Khalifah Tour [13 Desember 2007]. Tangan yang di kiri itu kalo gak salah tangannya mas Qoyyim. Hehehe..

Aku juga dapet keluarga baru, yaitu sesama rombongan Khalifah Tour. Di rombongan ini aku termasuk bungsu, selain Attin [21], mas Hadid [23], dan mbak Fitri [25]. Juga teman satu regu, Abah Epul dan Bu Nita, Ibu Sri dan Pak Prabowo, Pak Anto dan Bu Intan, Pak Makto, Ibu dan Bapak Maksum, mbak Fitri, mas Hadid, dan Pak Uju. Jadi berasa punya banyak bapak dan ibu. Hehehehe.... Oia, selain rombongan, dapet kenalan baru ya para muthawwif yang baik hati walaupun suka iseng juga.. Hahaha... Mas Dahlan, Mas Humaidi, Mas Qoyyim [yg adzannya, subhanallah, bagus banget, jadi pengen denger lagi..ehem..hehehe..], Mas Fathi, Mas Hajir, dan Mas Huda. Para muthawwif ini yang selalu siap ngebantuin apapun selama di sana. Kalau kata Pak Cecep [salah satu Tour Leader] sih, "Muthawwif di sini mah pasti sholeh.. Pinter ngaji.. Hebatlah pokoknya.." dengan wajah senyam senyum yang mencurigakan. Huakhahaha..

Dengan keluarga sebanyak itu, perjalanan di sana jadi menyenangkan, gak homesick sama sekali. Malah pas mau pulang jadi sedih, karena harus pisah. Mungkin karena bareng-bareng di perjalanan yang istimewa seperti ini, hubungannya pun menjadi istimewa. Semoga di masa depan bisa ketemu lagi sama mereka. Amiinn..

No comments:

Post a Comment