24.10.07

Satu Langkah Kecil

"Perjalanan 1000 mil dimulai dari satu langkah kecil"
~ Salah satu judul episode dari anime Colourcloud Palace [Saiunkoku Monogatari] yang nampaknya merupakan kutipan dari Confucius


Hal baru itu tidak hanya bisa ditemukan di sekolah atau di kampus. Kita bisa belajar kapan pun dan darimana pun yang kita mau. Kenapa tiba-tiba bilang gini? Soalnya, aku sering banget mendapatkan hal-hal yang bisa membuatku berpikir, merenung, dan belajar lebih banyak justru bukan dari sekolah atau kampus, tapi dari hal-hal kecil di sekitarku. Dari hal-hal yang mungkin sebagian orang berpikir, tidak mungkin kita belajar dari hal-hal tersebut.



Contohnya adalah beberapa saat yang lalu, yang kupelajari lagi ya tentang kutipan di atas. Aku mendapatkannya dari sebuah anime. Jadi gini, minggu ini adalah minggu penuh dengan pikiran. Hehehe.. maklum anak tingkat akhir yang pengen banget cepet-cepet mengakhiri tingkatnya di ITB. Minggu ini lagi banyak mikir tentang apa yang akan kulakukan nantinya. Sebenernya gak hanya minggu ini sih, tapi emang topik ini lagi gak bisa pergi dari otak. Yupe, apalagi kalo bukan tentang apa yang akan kulakukan setelah aku lulus. Kenapa kepikiran terus? Soalnya, kalo masih gak tau mau ngapain, jadinya gak ada motivasi untuk mengakhiri masa-masa di kampus. Dampak langsungnya adalah semakin terbengkalainya TA. Seperti yang sedang terjadi padaku akhir-akhir ini. Begitulah.



Cukup ah ngeluhnya. Hehehe.. Jadi, dari anime ini, aku diingatkan lagi bahwa kehidupan itu adalah sebuah perjalanan dan setiap insan manusia memiliki perjalanan yang berbeda. Bagi yang satu mungkin perjalanannya akan datar-datar aja, tapi bagi yang lain bisa jadi sangat berliku dan penuh dengan hal-hal baru. Lama perjalanan dan panjang perjalanan pun berbeda-beda. Ada yang lama, ada yang sebentar, ada yang panjang dan ada yang pendek. Yang pasti sama dari semua perjalanan setiap manusia adalah, perjalanan tidak akan pernah ada jika tidak dimulai, jika kita tidak mulai melangkah, sedikit demi sedikit, selangkah demi selangkah. Tak ada perjalanan, jika tak ada langkah yang dibuat.



Kembali lagi ke kutipan di atas, perjalanan 1000 mil dimulai dari satu langkah kecil. Jika ingin membuat perjalanan hidup, melangkahlah, jangan mandeg di tempat. Sama seperti kata Pak Faisal, dosen kuliah Berpikir Visioner, bahwa vision without action is only dreaming, action without vision is "kerja rodi". Hehehe..



Jadi, janganlah hanya bermimpi, janganlah hanya berpikir mau ngapain nantinya, janganlah hanya berencana, janganlah terus menunggu, dan janganlah hanya merancang perjalanan, namun mulailah berbuat, mulailah melakukan aksi, mulailah melangkah, selangkah demi langkah, walaupun langkah-langkah kecil [kalau langkahnya langsung gede, ntar kesandung, mending kecil-kecil aja..hehehe..], namun kelak kau pun akan sampai di tujuan.



Selamat melangkah teman-teman, perjalanan di depan masih akan sangat panjang dan berliku.

No comments:

Post a Comment