15.5.06

Hikmah dibalik musibah (mukjizat)?

Biasanya, kita selalu bilang kalau pasti ada hikmah dibalik semua musibah yang ada di dunia, dibalik semua kesusahan, dibalik semua derita di dunia. Akan selalu ada hikmah, akan selalu ada the moral of the story..

Namun, pernah gak kita mengambil hikmah dari sebuah kebahagiaan, sebuah mukjizat, sebuah kesenangan, misalnya, kita bisa mengambil hikmah dari hadiah yang didapat dari undian, hikmah dari nilai yang bagus, hikmah dari nikmatnya jalan-jalan, hikmah dari enaknya sebuah makanan. Hikmah dari lulus kuliah, hikmah dari kelahiran, hikmah dari pesta, hikmah dari hal-hal yang membawa kebahagiaan bagi kita di dunia. Pernah gak?

Tanpa sadar, biasanya kita mengeluh akan semua kesusahan yang terjadi di hidup kita, kemudian kita berhasil melewati kesusahan itu dengan lancar, dan kita mendapatkan hikmah yang sangat banyak dari kesusahan itu.

Pernah gak saat kita sedang sangat senang, kemudian kita bersenang-senang, mengucapkan terima kasih pada semua orang yang telah berjasa pada kesenangan kita, kemudian bersyukur pada Tuhan, lalu mengambil hikmah dari kebahagiaan yang telah kita dapatkan.Hmm..nampaknya jarang..paling banter kita cuma sampai tahap berterima kasih, bahkan kita kadang terlupakan untuk bersyukur pada yang di Atas. Apalagi mengambil hikmah dari kebahagiaan itu.

Hmm..sebenernya, bagaimana ya caranya mengambil hikmah dari sesuatu hal, baik itu buruk aaupun baik. Baik itu indah maupun tak indah. Baik itu menyenangkan atau menyengsarakan.
Tentu saja, kemampuan mengambil hikmah tersebut gak bisa didapatkan dari hanya satu kali kejadian. Harus ada proses pembelajaran terlebih dahulu. Pertanyaan berikutnya bisakah kita menerapkan hikmah yang telah kita ambil dari segala macam kejadian itu? Atau kita cuma bisa jadi orang-orang yang OmDo, omong doang, teoritis tapi gak tau prakteknya. Naudzubillah..

Semoga saja kita semua bisa mengambil manfaat dari semua hikmah dan tentunya kita semua bisa menerapkan manfaat yang telah kita ambil. Semoga saja..

No comments:

Post a Comment