15.5.06

Apa yang ada dibalik itu semua?

Seorang bayi sudah pasti dilahirkan dalam keadaan suci. Aku diajarkan bahwa jika meninggal seorang bayi, sudah pasti bayi itu akan masuk surga. Sesuci itu, seagung itu, sebersih itu. Surga..Jannah..hanya dengan mendengarnya pun hati bisa melembut..

Fakta yang sangat jelas, bahwa semua manusia pasti pernah menjadi bayi. Berarti manusia sudah pasti pernah merasakan menjadi suci. Namun, kenapa seiring dengan berjalannya waktu banyak hal yang membuat kesucian itu, kertas putih itu menjadi ternoda.

Suka mikir, kalo ngeliat di TV ada pejabat yang korupsi dipenjara, atau kalo ngeliat pembunuh tertangkap, atau tentang kekerasan-kekerasan lain yang terjadi di dunia. Selalu bertanya, apa ya yang membuat mereka begitu? Seperti apa orang tuanya, seperti apa lingkungannya, mengapa mereka melakukan kejahatan itu, mereka mikir apa sampai bisa melakukan kejahatan itu? Dan segudang pertanyaan lainnya.

Apa memang manusia dilahirkan juga dengan sisi kejahatan dalam dirinya? Berarti teori bahwa bayi dilahirkan dalam keadaan suci salah dong. Atau kejahatan itu datang dari lingkungan? Jadi, dunia ini jahat dong, karena hampir tidak ada satupun di dunia ini manusia yang benar-benar tidak pernah berdosa, bahkan Nabi pun bisa salah..

Apa ya yang ada dibalik semuanya?

Kenapa Allah menciptakan kejahatan? Apa untuk memunculkan kebaikan?
Kenapa Allah menciptakan kejelekan? Apa untuk memunculkan keindahan?
Kenapa Allah menciptakan kemiskinan? Apa untuk memunculkan kekayaan?
Kenapa Allah tidak menciptakan dunia yang adem ayem tanpa masalah?
Kenapa harus ada surga dan kenapa harus ada neraka?
Kenapa harus ada semuanya?
Kenapa harus ada kontra dari semua hal?
Kenapa harus ada yang berlawanan dari semua?

Kenapa..Kenapa..dan Kenapa..

Sekali lagi, hanya Allah yang Maha Mengetahui.Yang bisa kita lakukan adalah IMAN, percaya pada-Nya.Karena itu kita yakin, apapun yang dilakukan oleh Allah, apapun yang diciptakan Allah, pasti akan selalu ada tujuan dibaliknya, akan selalu ada hikmah yang bisa diambil..
Tinggal gimana kita bisa mencapai tujuan yang Allah buat, tinggal gimana kita bisa mengambil hikmah dari semuanya, serta tinggal gimana kita bisa terus memperbaiki diri untuk memperoleh sebuah kebenaran yang hakiki yang datangnya hanya dari Allah..

Amiin..

4 comments:

  1. ingat waktu nonton pelem Stollen Summer (really really rocomended movie)

    mungkin itulah alasan kenapa kita tiap hari harus sholat..

    =)

    thx yak udah di link

    ReplyDelete
  2. Jangan kebanyakan mempertanyakan.. ntar jadinya malah mempertanyakan tuhan lagi..

    he..he..he..

    ReplyDelete
  3. kemane aja mbak..kok ga di update =)

    ReplyDelete
  4. buat igun: iya nih...kebanyakan nanya2..
    buat beni: lg uas, gak sempet posting pak..hehehe

    ReplyDelete