7.11.05

..ikatan darah..

"...what is your destiny? a simple question, but hard to answer. Let me help you, make yourself happy, make your world happier, and make every second to be the happiest moment.."

Sepenggal tulisan sepupuku untukku saat kusedih..

Baru aja liat foto-foto pas kecil trus nemu tulisan ini..

Jadi keinget, beberapa hari kemarin berlebaran sama keluarga besar dari ibu..
ketemu banyak saudara yang selama setahun jaraaaaannnggg banget ktemu..

Trus, beberapa hari yang lalu kepikiran..
"kenapa aku selalu merasa lebih dekat dengan teman-temanku dibandingkan dengan saudara-saudaraku.."

Jawabannya...
"karena, aku lebih sering bertemu dengan temanku dibanding dengan saudaraku.."

Trus mikir lagi..
setiap tahun, aku selalu berlebaran dengan saudara-saudara yang sama..namun, setiap tahun aku belum tentu memiliki teman baik yang sama..teman yang pada saat lebaran menjadi istimewa..

Maksudnya..
tahun ini dengan tahun yang lalu, teman baik mungkin saja bisa sama, mungkin saja bisa berbeda..tapi saudara, dari sejak lahir sampai tua nanti akan selalu sama..

Kesimpulan yang diambil dari renunganku itu..
walaupun kita jarang bertemu dengan saudara-saudara kita, keluarga kita, tapi ada darah yang sama yang mengikat kita, sehingga kapan pun kita membutuhkan bantuan.. akan selalu ada keluarga yang membantu..

Bukannya mengecilkan peran teman baik dalam kehidupan kita..
namun, melihat 20 tahun ke belakang, teman baik itu bisa berubah..
berteman dengan seseorang bisanya dimulai dengan kebutuhan, kepentingan lalu pada akhirnya karena kenyamanan dalam berteman sehingga membuat pertemanan itu menjadi semakin erat..

Namun lagi, setiap hari kita akan selalu berubah, sehingga perjalanan pertemanan kita akan berubah juga..mungkin menjadi semakin erat, mungkin malah semakin renggang..

Aku termasuk orang yang lebih nyaman bersama teman dibanding bersama keluarga..
oleh karena itu, aku cenderung tidak dekat dengan keluarga (kecuali beberapa orang)..

Seperti biasa penyesalan datang belakangan..

Kenapa selama 20 tahun menjadi bagian dari dunia, tetapi cuek terhadap keluarga..
untuk itu..mulai detik ini..
di setiap pertemuan keluarga..
di setiap momen saat bertemu orang-orang yang memiliki ikatan darah..
di setiap waktu bersama keluarga..
akan menjadi waktu yang berharga..

Bukan berarti waktu berharga untuk teman akan berkurang..
tapi saat ini hanya mencoba untuk menjadi manusia yang lebih baik..
karena manusia akan selalu berubah..
agar tak terseret dalam perjalanan zaman..
agar dapat selalu berguna bagi semuanya..
dan seperti yang saudaraku tulis..

"..make every second to be the happiest moment.."

1 comment:

  1. Hmm...
    Aku juga punya perasan yang sama...
    Aku kira cuma aku yang kya gitu...
    Makasih ya, Mak....

    ReplyDelete