13.7.05

..the other side..

Seringkali kita hidup dengan keyakinan yang tinggi akan diri kita sendiri. Selama ini yang kuyakini akan sebuah proses kedewasaan adalah proses mencari mana yang benar dan mana yang salah. Bagaimana kita mempelajarinya, tergantung bagaimana pula orang tua kita mendidik kita, dan bagaimana kita menjalani hidup kita..

Selama ini, aku menganggap bertambah dewasa berarti bertambah pengetahuanku akan sebuah kebenaran. Pengetahuan itu akan kugunakan dalam menjalani hidupku. Namun, akhir-akhir ini dihadapkan pada sebuah situasi di mana hati ku berkata,

"Apa selama ini yang kuanggap benar adalah benar adanya?"

"Apa selama ini yang kuanggap benar justru salah di mata orang lain?"

"Apa selama ini yang kuyakini benar adalah kesalahan yang berkedok kebenaran?"

Mulai mendramatisir nih..

Tapi akhir-akhir ini seperti disadarkan lagi bahwa dunia memang indah, tapi..setiap manusia memiliki definisi 'indah'nya masing-masing. Apa yang kusebut indah belum tentu indah di mata orang lain. Begitu pula dengan kebenaran..

Selama ini yakin dengan sebuah kebenaran dan berpegang teguh padanya, ternyata ada seseorang yang mengatakan bahwa hal yang dianggap benar itu adalah salah. Ego diri pun seperti tersentil, secara otomatis biasanya manusia akan langsung defense dan mengeluarkan semua pertahanannya. Bahkan sampai melupakan apa yang sebenarnya kita pegang.

Jadi, apa yang harus kita lakukan saat kita menjadi tidak yakin akan diri sendiri?

Jadi, apa kita harus menutup diri dari dunia luar dan tetap teguh memegang sesuatu yang kita anggap benar?

Hmm...dunia diciptakan bukan untuk dimiliki oleh satu insan manusia saja, tapi untuk dimanfaatkan bersama manusia yang lain, bersama makhluk hidup yang lain. Akan lebih baik bila kita mencoba untuk melihat dari sisi lain. See from the other side. Mungkin dari sisi lain, penjelasan akan suatu hal akan menjadi lebih logis dan masuk akal. Berhenti menjadi orang yang egois dan mulai menikmati kebersamaan. Tentunya jika kita yakin dengan kebenaran yang kita pegang, jangan mudah terpengaruh oleh sudut pandang orang lain.

Serba salah...

Kebenaran itu pasti, proses pencarian kebenarannya adalah relatif, tergantung siapa yang mencarinya dan apa yang menjadi acuannya..

Hmm..hanya sebuah teori tentang proses mencari sih, tapi..siapa tahu ada yang berpikir sama denganku..=D

No comments:

Post a Comment