11.7.05

..back-up files..

pagi-pagi nan dingin. dibangunin bapak..(padahal masih pengen bangbet tidur tuh..kan libur) ada apa nih..
biasanya setiap pagi, bapak udah nyalain komputer dan mulai menulis..(maklum, penulis..) terus pagi tadi, beliau bertanya padaku,

"Kok files bapak ilang semua ya mbak?"

Nah loh..langsung bangun deh..malam sebelumnya, tu komputer emang abis diinstall sama saudaraku, dan hanya files-nya bapak yang ilang. Padahal isinya semua tulisan bapak, yang paling penting ada files ensiklopedi islam yang lagi dibuat. Trus bertanyalah aku pada bapakku,

"Bapak punya back-upnya gak?"

Bapak menjawab, "Enggak..Bapak pikir gak akan ilang..paling yang di disket back-upnya tapi harus di-edit lagi, kemaren 2 harian bapak baru ngedit yang baru..dah dapet banyak.."

Hwuaaa....tapi anehnya bapak gak keliatan panik, malah bisa dibilang nyantai..huhuhu..kalau aku yang dalam posisi bapak, kayaknya dah marah-marah terus bisa banting-banting pintu..hehehe..so childish..trus bapak bilang,

"Ya udah deh, berarti harus ngedit lagi..hehehe.."

Hehehe? masih bisa ketawa? ckckck..bapakku ni ya..trus aku bilang,

"Lain kali back-upnya di flashdisk aja atau di CD, lebih aman dibanding pake disket berpuluh-puluh.."

Bapak bilang,"Bapak kan belum sempet beli.."

Kejadian selanjutnya adalah bapak langsung mengedit ulang kerjaannya. Ckckck..bapak..bapak..
Dan aku..tidur lagi...hehehe..abis mau diapain lagi coba, dah ilang juga..

Trus jadi kepikiran, untung masih ada back-up ya walaupun back-up masih harus diedit ulang, minimal tulisan bapak gak ilang seluruhnya..trus mikir lagi,seandainya di kehidupan kita ada back-up files..alangkah indahnya..hehehe..

Misalnya, kalau UTS gagal, trus kita tinggal cari back-up file UTS, trus UTSnya berhasil. Kalau gak dapet kerjaan, kita nyari back-up file tentang kerjaan, trus gak jadi pengangguran. KOcak juga kalau dipikirin..tapi..

Hidup jadi gak seru, stagnan, setiap ada masalah langsung dicari back-upnya..malah gak belajar, dan bisa bikin terlena dan jadinya cuma ngandelin back-up files aja..Sebenernya back-up files di kehidupan tuh ada gak ya? Mungkin selama ini yang kita sebut sebagai back-up files adalah masa persiapan kita kali ya..misal, kalau mau ujian, back-up file supaya ujian berhasil adalah dengan belajar..Jadi, kalau boleh disimpulkan, back-up files adalah segala usaha kita agar tujuan kita berhasil tercapai..

Mari kita buat back-up files kita masing-masing..

4 comments:

  1. wah..salut buat bapaknya mbak mona. masih tetep semangat. kalo saya pasti udah ngambek2 gak jelas... . bener juga, kalo semua hal kita bikin back-upnya ntar kita jadi gak belajar ya?? jadi santei banget....mugnkinbeberapa hal bisa kita bikin back up..dan yang lain kita biarkan dia original seperti itu.
    malah, tanpa back up files, saat file itu hilang dan akhirnya kita harus mengulangi atau apapun..ada ide2 baru yang muncul, ada kreativitas baru yang keluar, iya nggak??

    ReplyDelete
  2. hilang-kehilangan data itu sudah biasa dalam dunia perkomputeran, makanya penataan folder nya harus rapi, kalo bisa harddisknya dipartisi dua, satu buat system satunya buat data. Biar kalo diinstall ulang kagak kehapus.. he..he..he..

    Suka banget gaya bapaknya, pernah juga data diilangin temen, dan akhirnya cuma bilang "O.. ilang to? yo wes.. " he..he..he..

    -igun
    kadang manusia hanya "sekedar" menggunakan teknologi, tapi tidak mengoptimalkannya. :D

    ReplyDelete
  3. buat muthe: iyaiya..bnerbner..hehehe...
    buat igun: dasar asisten lsik..
    huakhahaha...

    ReplyDelete
  4. klo gw selalu berpikir..
    walaupun kita ga punya back up plan hidup...
    yang di atas pasti punya back up plan rencana buat kita...
    soalnya biasanya dibalik kegagalan gw,di back up ke suatu cerita yang lebih indah dari sebelumnya...dan itu ga mungkin terjadi tanpa kegagalan gw...

    ReplyDelete