5.9.12

Money is Scary

Saya tidak pintar mengelola uang, saya akui itu. Tidak pintar menabung, tidak pintar pula mencari uang banyak. Saya cenderung takut pada uang. Karena uang dapat membuat situasi yang asalnya positif menjadi negatif dalam sekejap mata. Uang juga dapat mengubah hubungan darah dan daging menjadi sekedar darah dan daging, tanpa hati. Uang dapat mengubah persahabatan menjadi permusuhan. Bagi saya, uang memiliki kemampuan yang mengerikan.

Money is power, I admit that is true. Buat saya, uang jugalah kekuatan. Menjadi kaya berarti memberikan kesempatan bagi kita untuk berbagi. Terlalu sering saya mendengar Ibu berkata, "Haduuuh... Ibu lagi gak punya uang nih.." tapi tiba-tiba bisa membuat acara untuk TPQ-nya (Taman Pendidikan Qur'an) untuk 100 orang lebih. Ibu saya pintar mencari uang, tapi pintar juga menghabiskannya dalam waktu singkat. Alhamdulillahnya, sebagian besar uang Ibu saya ya untuk hal-hal semacam tadi: sekolah, Quran, menyekolahkan anak orang, dsb. 

Iri? Tidak juga. Tidak terpikir juga untuk iri. Bukan, bukan karena saya riya atau sombong, tapi lebih karena terbiasa. Saya dan adik saya, sedari kecil bisa dibilang tidak seperti anak Dokter pada umumnya. Mungkin sekitar akhir SD atau awal SMP saya mulai tahu aliran uang di rumah. Semisal, Ibu Bapak sedang menyicil rumah, menyicil mobil, atau gaji Ibu sekian, gaji Bapak sekian, sampai berapa pengeluaran rutin bulanan. Bagaimana tidak, saya sudah dititah untuk pergi ke bank untuk urusan setor-menyetor oleh Bapak sejak SMP. Tanpa disadari, Ibu dan Bapak membuat saya (dan mungkin adik saya) tahu kondisi keuangan keluarga, sehingga mau tidak mau jadi tahu diri. 

Tapi ada satu hal yang akan selalu diiyakan saat saya meminta, buku. Saya ingat suatu hari, saya mungkin masih kelas 4 SD, Bapak mengajak saya dan adik saya ke Gramedia. Bapak menghabiskan uang Rp 400 ribu untuk membeli buku (mungkin sekitar Rp 1 juta sekarang). Buku untuk saya, untuk adik, dan untuk Bapak tentunya. Fragmen memori itu yang memicu saya menjadi book-shopaholic. Boros untuk urusan buku.

Ah, kenapa saya jadi meracau..

Saya ini boros. Uang tak akan pernah awet di tangan saya. Boros terutama untuk buku. Tapi entah kenapa, akhir-akhir ini saya sering dipercaya untuk memegang uang orang lain. Uang orang lain itu lebih mengerikan daripada uang sendiri. Apalagi uang abu-abu. Boleh dikata, uang abu-abu adalah uang yang jenisnya paling mengerikan di antara semua jenis uang. Uang abu-abu itu semacam uang yang dilempar oleh para calon investor kepada para verifikator (yang memeriksa lahan dan dokumen-dokumennya), dengan dalih uang transportasi. Uang abu-abu itu semacam uang yang diberikan dengan dalih menganggap saya dan kawan saya Restu seperti cucunya, anggap saja uang saku, ketika kami memverifikasi lahan dan kelengkapan dokumennya. 

Kami (saya dan Restu) pernah pada satu masa di mana kami dilempar uang dari balik jendela mobil, menemukan uang di plastik yang isinya jeruk, diberi map dengan isi uang, hampir diberi jam tangan muahaaal, hampir diberi kunci motor (ini pengalamannya Restu sih), disekap selama 20 menit untuk diberi uang. Setelah dipikir-pikir, semuanya mengerikan. Mengerikan karena ternyata budaya itu adalah biasa dalam urusan birokrasi. 

Takutnya, saking biasnya uang abu-abu itu, saya jadi tidak tahu apakah uang di tangan saya ini halal atau haram. Heu.. 

Insya Allah tidak apa selama saya diamanahi uang jelas, semacam uang untuk beli bunga duka cita, atau uang untuk beli kado, dsb, dsb. Tapi kalau sampai datang waktunya saya harus berdekatan lagi dengan uang abu-abu, semoga Allah memberikan kemudahan bagi saya untuk menghadapi dan melawan semua setan dan nafsu yang lewat ketika itu. Amiin..

Percayalah, uang abu-abu itu sangat menarik bahkan terkadang tidak terlihat abu-abu. Tapi putih butek macam broken white (hayah.. mulai gak jelas). Kalau dikumpul-kumpul, uang abu-abu yang pernah ditawarkan pada saya dan Restu, lumayanlah buat nyicil rumah. Hahahaha.. 

Ah, mengapa yang mengerikan dan abu-abu itu sangat menarik sih..

Salam, 

~ Mona Luthfina

4 comments:

  1. yang halal lebih banyak dari yang haram pastinyaa.. :D *biar gak tergoda*

    mudah2an lo gak perlu ketemu lagi sama orang yg ngasih uang abu-abu, udah dilempar sambil kabur, eh mesti ketemu lagi.. :D

    ReplyDelete