7.7.08

Batas antara Riya' dan Syukur itu....

..sangat tipis!

Begitulah yang dikatakan pagi itu oleh Ibu Nafis.. Beliau sedang bercerita tentang bagaimana beliau tidak diberi lupa oleh Allah terhadap Al-Qur'an.. Padahal umurnya sudah menginjak 55 tahun..

Aku terngiang-ngiang kalimat mengenai syukur dan riya' di atas. Hmm.. bener juga ya, dari dulu aku belum pernah mendengar dan menemukan kalimat ini sampai aku dengar sendiri dari Ibu Nyai.. Tanpa sadar, memang sangat membingungkan antara syukur dan riya'.. Misal, ketika aku bercerita tentang haji.. apakah itu merupakan suatu bentuk rasa syukurku atau malah jadi riya'? Wallahua'lam bis shawab..

Lalu bagaimana supaya batas yang tipis ini tidak terlewati walaupun tanpa sengaja?
Aku belum menemukan jawabannya.. ada yang tahu? Tolong beri tahu aku..

Astaghfirullah.. apakah selama ini aku bersyukur pada-Mu Ya Allah, atau justru aku selama ini hanyalah salah satu hamba-Mu yang angkuh dan riya'?

No comments:

Post a Comment