2.6.08

Anak Manja Masuk Pesantren #5 - Khotmul Qur'an

Aku sebagai anak manja yang memang gak pernah sama sekali sekolah di sekolahan seperti Madrasah Tsanawiyah, Aaliyah, dsb apalagi pernah menghafal Al-Qur'an menjadi excited saat diajak oleh Ibu Nyai untuk datang ke acara Khotmul Qur'annya PP Wahid Hasyim di Jogja. [kalimat yang panjang sekali bukan.. hahaha]

Acara Sabtu malam yang lalu, ternyata kalau acara kelulusan atau wisuda madrasah itu diselenggarakannya ba'da Isya.. Gak seperti sekolah negeri yang acaranya pagi ampe siang. Na, acara kelulusan itu sekalian acara khotmul Qur'an, maksudnya kelulusan para santriwati yang sudah tahfidz.. hafal 30 juz ..juz..juz.. Mantab lah... Ada 21 orang gitu yg udah tahfidz.. Trus mereka semua didandanin cuannnttiiikkk buanggeettt kayak penganten dah.. Yang membuatku berpikir malam itu, "Bener juga ya.. ini kan perayaan atas sudah jadinya seseorang menjadi tahfidz, yang jelas-jelas mendapatkan pahala buanyaaaaakkk sekali dari Allah, wajarlah kalau harus dandang secantik pengantin.." Cantik secara fisik dan spiritual..

Gak hanya itu, terus acara dilanjutkan oleh uji tafsir pake bahasa Arab dan bahasa Inggris.. Yang terjadi pada diriku adalah melongo dan bengong sambil manggut-manggut saking terpananya sama mereka yang bahasa Arabnya jago buangget.. Bahkan salah satunya hanyalah seorang anak kecil [SD kira-kira] yang ternyata bukanlah hanya sekedar anak kecil.. Tapi anak yang jago ngaji, bahasa Arab, dan bahasa Inggris.. Weleh.. weleh..

Semalaman itu aku mendapat pengetahuan baru lagi dari dunia seputar pesantren. Ternyata sangat menarik.. dan sangat patut dikagumi, terutama para tahfidz tersebut..

Sigh..

No comments:

Post a Comment