18.4.08

Antara Sisi dan Kita

"You know what music is? It's God's little reminder there's something else
besides us in this universe." ~Wizard in August Rush


Seperti yang kita selalu ketahui, uang itu pasti memiliki dua sisi. Tak hanya uang yang memilki dua sisi, tapi juga manusia, juga masalah, juga kehidupan, juga kebahagiaan. Bahkan tak hanya dua sisi, kesemua itu terkadang (dan seringnya) memiliki banyak sisi. Kita, sebagai manusia cenderung memilih dan memihak pada satu sisi. Salahkah? Tentu tidak.. Toh itu hanyalah sebuah sisi. Namun, kadang saat kita telah memilih satu sisi, kita kemudian memutuskan bahwa sisi yang lain adalah salah. Nah, disinilah (yang menurutku) kemudian menjadi salah. Karena sesuatu hal yang sedang kita amati saat itu, terbangun dari berbagai macam sisi yang belum atau tidak kita ketahui semuanya.

Membingungkan?

Sederhana.. Ambillah suatu saat dimana kita sedang dihadapkan pada suatu masalah. Biasanya kita secara otomatis akan memihak pada sisi yang pertama kali kita dengan sudut pandangnya. Jangan. Akan lebih baik jika kita 'mundur' sesaat, mencoba mendengar sisi yang lain, sebelum kita mengambil suatu kesimpulan atau keputusan. Sehingga, kita bisa dengan bijak menilai akan diapakan masalah tersebut.

Njelimet?

Ya.. tentu saja.. Masalah sisi ini yang selalu menjadi akar masalah dari setiap masalah. Keberpihakan dan keputusan secara sepihak. Untuk itu, semoga kita semua menjadi orang yang bijak, dengan melihat segala sesuatunya dari setiap sisi, dari setiap sudut, dari setiap pihak yang ada, sehingga kita tidak terjebak dalam sisi yang salah.

Apa hubungannya dengan quote di atas? Tidak ada.. Hehehe..

No comments:

Post a Comment