26.7.07

Ngapain aja ya selama 22 tahun?

Hidup di dunia yang isinya 6 milyar orang lebih, harus siap untuk dinilai kapanpun dimanapun oleh ke-6 milyar orang tersebut. Setuju tak?

Hari ini, genap 22 tahun, yang banyak terpikir adalah,
"22 tahun gw ngapain aja ya...kok gak brasa.."
Dari pemikiran tersebut, muncul pikiran2 lain, seperti..
"Apakah gw telah menjadi orang yang baik2 saja di mata orang pada umumnya?"
Trus mikir,
"Kenapa harus ikut2an jadi umum sih?"

dan berbagai macam pikiran semacam itu..
Pikiran2 yang sebenernya bisa dibilang gak menghargai diri sendiri, karena secara gak langsung, saya berpikir apa yang 6 milyar orang lain pikir tentang saya..
Saya tidak berpikir tentang saya sendiri inginnya menjadi seperti apa..

Sebagai manusia yang terlahir dengan need for affiliation yang tinggi, gak bisa hidup sendiri, senang berada di antara manusia-manusia lainnya, saya terbiasa untuk menjadi dua hal. Pertama, ingin diperhatikan. Dua, ingin memerhatikan. Cuma, kebiasaan ini membuat saya menjadi tidak fokus terhadap diri saya sendiri. Ya itu tadi, sibuk untuk berpikir "Apa yang orang lain lihat dari saya" dan "Apa yang harus saya perhatikan dari orang lain".

Hari ini saya dikasih tau oleh seorang sahabat,

"You have to be more focused, try to build your need for achievement, especially for yourself.."

Sebenernya udah tau, cuma ya sebatas tau, gak sampe motorik. Hehehe...
Denger dari orang lain, sahabat sendiri pula, nyesek juga... Ego-nya langsung kesentil...
Tapi, seperti yang biasa sahabat saya lakukan, yaitu mengerti saya... Ya, nasehatnya kali ini (seperti biasanya juga) emang bener sih... ada tambahannya pula..

"Tapi jangan sampe itu mengurangi your sensitivity.. It's your gift.."

Campur aduk bahasanya.. hehehe.. Intinya, emang sekarang harus fokus ama diri sendiri, ya tapi jangan lupa ama orang lain juga.. hehehe..Yah, begitulah...
Setelah berdiskusi dengan orang tersebut (sahabat saya maksudnya), saat ini saya memang sedang dalam fase "gak jelas". Bukti nyata adalah dari TA, yang masih gak jelas, belum ada yang bisa dipegang.. maju tak bisa, mundur males banget.. Hahaha... fase yang wajar untuk anak tingkat akhir macam saya...

Moral cerita dari diskusi panjang lebar gak jelas dan semua isi postingan di atas adalah..
Di genap 22 tahun, saya mulai belajar untuk menghargai diri sendiri. Karena kala kita sudah menghargai diri sendiri, kita baru bisa menghargai orang lain. Kalau tahap menghargai diri sendiri itu belum terlewati, berarti selama ini masih palsu menghargai orang lainnya. Bagaimana caranya? Untuk saya, saat ini adalah dengan menjadi lebih fokus pada diri sendiri, dimulai dari fokus pada TA saya. Bener gak ya kesimpulannya...

Gitu deh pokoknya...
Dampak langsung mungkin pada blog ini, ketika saya sudah lebih "jelas", blognya sedikit banyak akan liburan dulu.. Mungkin emang cuma akan diisi oleh postingan-postingan kalo liburan. Hehehe.. Ya, begitu saja...

Berita singkat hari ini:
Hari ini dapet 3 kue, enak semua... terima kasih ya teman-teman.. eka, nda, diah, bisri, jaka, sandi, oenk, adoet untuk kuenya...senang...
frame puzzle-nya makasih ya, geng belajarkuu..senang..
mpe rumah tiba2 dikasih hadiah ama adek, ibu, dan bapak...senang..
ketemu ama temen SMP yg udah 5 tahun gak ketemu... senang...
beruntung bisa dapetin waktu luang untuk telepon buat sharing, makasih ya paps... senang..
dapet semua SMS, telepon, dan message2 di YM, makasiih.. senang..
dan semua testimonial untuk refleksi hari ini, banyak2 terima kasih... senang..

Karena mereka semua, dengan semua rasa senang, hari ini bisa saya tutup dengan rasa syukur....Semoga saya bisa melalui setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detiknya dengan selalu bersyukur. Amiin..

Alhamdulillah...
P.S. Sedang mencoba gaya bahasa "saya", bukan "aku" seperti biasanya... Hmmm..

3 comments:

  1. slamat ulang taun y mooonnnn,,
    smoga pertemanan qta selama 4 taun ini bs jadi kado di usia mona yg udah (atau baru??) 22 ini,,
    hepi birthday!! ^o^

    ReplyDelete
  2. teteeepp...ngotot minta traktiran nonton..
    the simpson mon, the simpson=D

    ReplyDelete
  3. Happy Birthday.. Mon,

    Wish you all the best. Sorry telat banget..

    ReplyDelete