4.6.06

Pasarku..angkotku..

Hey, apa kabar dunia ya beberapa hari ini?

Jadi inget, dua hari lalu mau cerita tentang trayek angkot yang lewat depan rumah.
Jadi, aku tinggal di rumah yang jalannya dilewatin trayek angkot Cimindi-Sederhana. Daerah Pasteur gitu deh..(buat yg gak tau dimana trayek tsb). Angkot ini tiap hari bawa penumpang antara Cimindi dengan Pasar Sederhana (yaiyalah, masak Pasar Caringin =p). Tau pasar Sederhana gak? Kalo kata orang, pasar ini terkenal dengan ikan-ikanannya. Sekarang sih bukan mau cerita tentang ikan2itu, tapi tentang TPS yg ada di sebelah pasar itu. Dua hari yang lalu, baru disadarin banget, ternyata masalah sampah di Bandung gak berhenti di kebersihan kota atau masalah penyakit yang bisa ditimbulkan aja, tapi juga nyambung ke masalah mencari nafkah.

Jadi, semenjak 16 tahun lalu pindah ke daerah ini, dan jauh sebelumnya, pasar Sederhana ini selalu rame. Banyak orang yang belanja di pasar ini. Hal ini juga berpengaruh sama trayek angkot Cimindi-Sederhana itu tadi. Yang memanfaatkan angkot ini sangat sangat sangat banyak. Apalagi di daerahku, penduduknya cukup banyak (mungkin termasuk daerah paling padat juga di Bandung Utara). Mana, di pasar itu lengkap semua yang dibutuhin ibu-ibu. Dari jam 3 pagi pun, kehidupan pasar juga sudah dimulai.

Balik lagi ke masalah sampah, nah, di pasar itu ada TPS yang sampai sekarang sampahnya belum diambil juga. (Udah sekitar 3 bulanan gitu deh). Padahal, TPS itu ada di deket pasar yang jelas-jelas tiap hari pasti menghasilkan sampah yang banyak dan bisa dibayangin baunya kayak gimana. Sekarang, jalan depan TPS itu tinggal satu jalur, itupun mepet abisss... TPS itu udah kayak gunung sampah yang baunya...masya Allah...

Dampaknya, orang-orang males ke pasar Sederhana lagi, termasuk aku, dulu, kalo mau ke kampus kan harus lewat pasar itu, sekarang males banget. Jadi orang-orang, termasuk aku lebih memilih naik ojek, yang walaupun lebih mahal, tapi gak lewat TPS itu. Nah, terus dua hari lalu, kebetulan mau ke kampus tapi gak naik ojek, tapi naik angkot trayek Cimindi-Sederhana dan turun di pasar. Pas naik angkot, cuma ada satu orang ibu2 tua yang lagi ngobrol ama Pak Supir. Nah, tanpa maksud nguping ya..pak Supir itu bilang ama Ibu2 itu,

"Sekarang mah bu, yang naik angkot cuma orang2 jompo ama anak2 SD aja. Penumpang teh meuni sepi, gak ada yang mau naik angkot lagi."

Si ibu manggut-manggut, trus pak Supir bilang lagi,

"Liat aja nanti bu, yang nyegat paling nenek2 semua. Kalo yang sehat-sehat, pada milih naik ojek atau bawa motor sendiri."

(Dalam hati, sial, gw dibilang kayak nenek2 apa..hehehe)

Tapi ya, magically..atau emang reality..yang nyegat emang SEMUA NENEK-NENEK. Beneran! Padahal jalur angkot itu kan lumayan jauh. Tapi emang isinya nenek-nenek ampe tu angkot penuh, dan aku bisa dengan yakin bilang, kalo aku yang paling muda di angkot itu. Bahkan aku sempet berpikir, apa gw nenek2 juga ya..huakhahaha..

Trus, teori pak Supir kalo yg muda2 lebih suka naik ojek beneran terjadi.. pas lagi ngetem di depan suatu gang, ada dua ibu2 setengah baya gitu yang teriak ama tukang ojek, "Mang, ke Sederhana!" padahal, jelas2 angkot ini jurusan ke Sederhana lagi diem di depan matanya nunggu penumpang. Yakin banget, pasti pak supir itu gondok abis..lah wong aku yang di angkot itu aja mpe ngrasa gak enak juga ama pak supir. Karena aku juga biasanya naek ojek. Jadi gak enak..

Anyway, dari cerita panjang (dan gak terlalu jelas juga) di atas, ternyata tu masalah sampah ngaruh banget ke kehidupan yg ada di sekitar TPS itu. Pengunjung pasar jadi makin sedikit, yang memanfaatkan angkot pun jadi dikit. Padahal, tu angkot dulunya favorit penduduk. Jalurnya strategis. Sekarang...

Tragisnya lagi, di deket rumahku ini (gak nyampe sekilo dari pasar Sederhana) ada dua hypermarket, Giant dan yang bentar lagi buka, Carrefour (bener gak nulisnya?). Pasar Sederhana, Giant, dan Carrrefour itu semua dalam radius 1-2 kilometer. So, dengan keadaan pasar Sederhana yang deket TPS yang menggunung, tentu orang2 lebih milih belanja di hypermarket yang lebih bersih dengan harga yang gak jauh beda..Jadi, yang ke pasar Sederhana, semakin sedikit..Hiks..gak tega juga ama pedagang2 di sana. Kejamnya dunia..kerasnya kehidupan..Huhuhu..sedih gak bisa bantu apa2 =(

Ugh..pasarku..angkotku..

2 comments:

  1. emang angkotnya ngetem deket sampah?

    mmm..emang nenekX2 ma anak SD idungnya beda ya? =p

    ReplyDelete
  2. benx: iya ben, jadi terminal angkotnya itu tuh di antara TPS ama pasarnya..

    ReplyDelete